Lima Bandara AP II Siap Sambut Kedatangan Jamaah Haji

by

in
Lima Bandara AP II Siap Sambut Kedatangan Jamaah Haji

Sejumlah jamaah haji Indonesia tiba di tanah air setelah menjalankan rukun Islam kelima di Arab Saudi.

Jakarta, Jurnas.com – PT Angkasa Pura II (Persero) siap menyambut kedatangan jemaah haji dari Tanah Suci mulai 17 Agustus 2019 hingga 15 September 2019.

Bandara-bandara AP II yang menjadi debarkasi penerbangan haji adalah Soekarno-Hatta (Tangerang), Sultan Iskandar Muda (Aceh), Kualanamu (Deli Serdang), Minangkabau (Padang), dan Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).



Ph. SVP of Corporate Secretary Angkasa Pura II Achmad Rifai mengatakan di setiap bandara yang menjadi debarkasi penerbangan haji telah disiagakan personil guna membantu kelancaran proses kedatangan jemaah haji.

“Merupakan suatu kehormatan bagi Angkasa Pura II dapat melayani dan menyambut kedatangan jemaah haji dari Tanah Suci. Angkasa Pura II bersama seluruh stakeholder di bandara berkomitmen agar operasional penerbangan haji berjalan lancar, begitu juga dengan proses kedatangan para jemaah,” jelas Achmad Rifai.

Baca juga.. :

Adapun pada 17 Agustus 2019 sekitar pukul 22.15 WIB di Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah mendarat Saudi Arabia Airlines nomor penerbangan SV 5606 yang membawa 410 jemaah haji dari Jeddah.

Achmad Rifai mengatakan total terdapat sebanyak 233 penerbangan yang akan mengantar para jemaah haji pulang ke Tanah Air melalui bandarabandara yang dikelola Angkasa Pura II.

Angkasa Pura II siap mendukung agar seluruh operasional penerbangan tersebut lancar dengan tingkat ketepatan waktu atau on time performance yang tinggi,” ujar Achmad Rifai.

Angkasa Pura II juga mengimbau agar para penjemput di Tanah Air tetap memperhatikan jadwal terbaru yang dikeluarkan pihak berwenang terkait dengan kedatangan para jemaah haji.

Adapun pada periode keberangkatan haji yakni 6 Juli – 4 Agustus 2019, seluruh penerbangan di bandarabandara Angkasa Pura II berjalan lancar tanpa kendala.

Peningkatan pelayanan juga dilakukan di terminal penumpang melalui berbagai inovasi seperti misalnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang memiliki fasilitas lounge bagi jamaah haji hasil kerja sama dengan pemerintah Arab Saudi.

Fasilitas dimaksud dibangun di Terminal 2D, memiliki kapasitas 1.500 orang, dilengkapi toilet, musala, serta 15 loket Imigrasi/ pre clearence system untuk percepatan layanan keimigrasian Arab Saudi.

Fasilitas tersebut pun dipuji oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai suatu kemajuan yang dapat mempersingkat birokrasi.

Jumlah kloter di Soekarno-Hatta sendiri mencapai 631 kloter, sementara di bandara Angkasa Pura II lainnya yaitu Sultan Iskandar Muda sebanyak 12 kloter, kemudian Kualanamu sebanyak 22 kloter, Minangkabau sebanyak 18 kloter, dan Sultan Mahmud Badaruddin II sebanyak 19 kloter.

Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mencatat 162 penerbangan keberangkatan haji di Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk dan terbesar di Indonesia juga tergolong cukup tepat waktu dengan on time performance mencapai sekitar 89%.

TAGS : Angkasa Pura II AP II jamaah haji bandara

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/57814/Lima-Bandara-AP-II-Siap-Sambut-Kedatangan-Jamaah-Haji/