Lindungi Data Pribadi, Jangan Sembarang Posting Sertifikat Vaksin

by

in

JawaPos.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengimbau masyarakat yang telah menjalani Vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan kedua untuk melindungi data pribadi. Yakni dengan tidak menyebarluaskan sertifikat digital dari aplikasi PeduliLindungi. Bahkan Menkominfo meminta awak media untuk membantu menyampaikan informasi itu kepada masyarakat.

“Ingin saya sampaikan agar sertifikat Vaksinasi ini jangan diupload atau diunggah di media sosial,” ujarnya usai meninjau Vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi awak media di Hall Basket Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Politisi Partai Nasdem itu menegaskan sertifikat digital hanya digunakan secara pribadi dan hanya untuk keperluan khusus. Hal itu menjadi sangat penting dan krusial menyangkut data pribadi karena dalam sertifikat tersebut terdapat QR Code yang wajib dilindungi.

Baca Juga: Pembekuan Darah Pasca Suntik Vaksin AstraZeneca, Ini Kata Pakar Unair

“Di dalam QR Code itu ada data pribadi, jadi sertifikat digital kita peroleh, tapi di saat bersamaan kita menjaga data pribadi kita, dengan cara tidak mengedarkannya untuk kepentingan yang tidak semestinya,” jelasnya.

Menurut Johnny, QR Code yang tertera di sertifikat penting untuk dilindungi agar dapat menghindari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto


Credit: Source link