Lomba Ngevlog Meriahkan Bulan Bung Karno

by

in
Lomba Ngevlog Meriahkan Bulan Bung Karno

Djarot Saiful Hidayat, Ketua Panpel Bulan Bung Karno

Jakarta, Jurnas.com – Lomba ngevlog menjadi salah satu kegiatan dalam peringatan Bulan Bung Karno yang jatuh tiap Juni, karena pada 1 Juni kelahiran Pancasila, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan 21 Juni 1970 Bung Karno wafat.

“Pelaksanaan lomba sejak 6-25 Juni 2020 dan pengumuman pemenangnya pada 30 Juni mendatang,” jelas Ketua Panita Bulan Bung Karno, Djarot Saiful Hidayat di Jakarta, Sabtu (6/6/2020).

Djarot yang juga Ketua DPP PDIP bidang ideologi menjelaskan, lomba ngevlog dengan materi sejarah perjuangan Bung Karno, dengan durasi 3 menit yang disiarkan melalui media sosial.

“Ada juga lomba ngevlog di tempat bersejarah Bung Karno yang dibuat secara langsung, sambil memberikan narasi singkat, padat dan jelas tentang tempat bersejarah tersebut dan ditutup dengan harapan mengenai Indonesia pada 2045 mendatang. Durasinya 3 menit,” papar Djarot.

Selain itu, ada juga lomba video dokumenter dengan durasi 5-10 menit dengan sejumlah tema yang telah ditentukan panitia. Memaparkan program karya yang telah lebih dari 3 bulan dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Dijelaskannya, semua pemenang mendapat buku terkait Bung Karno berjudul Dibawah Bendera Revolusi dan Penyambung Lidah Rakyat.

Di tempat terpisah, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menambahkan selain lomba yang dipaparkan Djarot tadi akan ada juga beberapa agenda lain seperti lomba cipta lagu, bakti sosial, dan juga berbagai bentuk kegiatan kebudayaan, bahkan pagelaran wayang secara streaming telah dilakukan dua kali.

Sejumlah kegiatan sejenis juga dilakukan seluruh pengurus dan kader partai di daerah dengan mengedepankan muatan lokal.

Ia menambahkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menginstruksikan seluruh kegiatan bulan Bung Karno tahun 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 ini akan dilakukan secara daring, melalui teleconference, webinar, dan utilisasi seluruh sosial media, dengan Tema: “Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19”

“Dalam peringatan Bulan Bung Karno ini, PDI Perjuangan membuka ruang inovasi dan kreativitas yang seluas-luasnya bagi para Pemuda Indonesia guna mengekspresikan seluruh ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan perjuangan Bung Karno tersebut dengan menjawab berbagai tantangan dan persoalan bangsa agar dengan penuh keyakinan menempuh jalan kemajuan di seluruh aspek kehidupan,” papar Hasto.

Ditambahkannya, Megawati mengharapkan peringatan Bulan Bung Karno di tengah Covid-19 ditujukan untuk menggelorakan semangat berdiri di atas kaki sendiri.

“Dari pandemi ini bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan,” pungkasnya.

TAGS : Ngevlog Bulan Bung Karno Pancasila

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/73382/Lomba-Ngevlog-Meriahkan-Bulan-Bung-Karno/