Mabes Polri Komunikasikan Polemik Iptu Umbaran Jadi Jurnalis

Mabes Polri Komunikasikan Polemik Iptu Umbaran Jadi Jurnalis

JawaPos.com–Markas Besar Polri sedang mengomunikasikan terkait dengan polemik Iptu Umbaran Wibowo, wartawan TVRI Jawa Tengah menjadi Kapolsek Kradenan, Blora. Namun, belakangan dikabarkan dicopot dari jabatannya.

”Ini saya jelaskan peristiwa yang di Blora, kami (Mabes Polri) langsung berkoordinasi dengan Bapak Kapolda, kemudian kabidhumas. Mereka sudah mengomunikasikan dengan Karo SDM, dan Dirintel kami komunikasikan dahulu,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo seperti dilansir dari Antara.

Terkait dengan pencopotan itu, Dedi mengatakan, semuanya masih dikomunikasikan terlebih dahulu. Sebab, dalam sistem kepolisian, rotasi jabatan setiap anggota Polri harus melalui proses asesmen.

”Asesmennya itu akan dilihat dahulu oleh wakapolda  sebagai pimpinan yang mengendalikan penggunaan karier di lingkungan internal Polri. Nanti apabila sudah ada hasilnya, Kabidhumas yang akan menyampaikan informasinya,” ujar Dedi.

Dedi menegaskan, rotasi dan mutasi anggota Polri harus melalui mekanisme yang diketahui Wakapolda. Termasuk perihal pencopotan Iptu Umbaran dari jabatan kapolsek.

Terkait dengan apakah anggota Polri yang bertugas sebagai intel menjadi wartawan, mengingat Dewan Pers menyayangkan pihak kepolisian membiarkan anggotanya rangkap jabatan sebagai jurnalis, menurut Dedi, hal itu harus dipastikan terlebih dahulu oleh Wakapolda Jawa Tengah, apakah betul Iptu Umbaran rangkap jabatan.

”Itu harus dipastikan dahulu oleh Wakapolda. Wakapolda harus memastikan terlebih dahulu mekanismenya seperti apa? Terkait dengan ini masih dibicarakan dahulu,” papar Dedi.

Mekanisme yang dipastikan tersebut, kata Dedi, adalah terkait dengan promosi Iptu Umbaran. Dalam hal ini, pihaknya akan menanyakan kepada pejabat fungsi terkait, serta siapa pembinanya dan bagaimana mekanisme bisa terjadi terhadap Iptu Umbaran.

Saat ditanya apakah Iptu Umbaran masih jadi Kapolsek Kradenan, jenderal bintang dua itu mengatakan, pihaknya belum mendapatkan informasi hal itu.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Jawa Tengah AKBP Iqbal Alqudusy membenarkan Iptu Umbaran anggota Polri yang pernah bekerja sebagai kontributor di TVRI Jawa Tengah wilayah Pati. Namun, Iptu Umbaran bukan pegawai tetap TVRI.

”Dia pernah ditugaskan sebagai intelijen di wilayah Blora,” terang Iqbal.

Menurut dia, pada Januari 2021 penugasan Iptu Umbaran sebagai intel tersebut selesai, kemudian menjadi organik Polres Blora sebagai Kanit Intel Polres Blora, selanjutnya sebagai Wakapolsek Blora.

Pada 12 Desember, Iptu Umbaran dilantik menjadi Kapolsek Kradenan. Iqbal menegaskan, isu pencopotan Iptu Umbaran dari jabatannya selaku Kapolsek Kradeban tidak benar.

”Saat ini dia masih melaksanakan tugas pada jabatan barunya Kapolsek Kradenan,” tutur Iqbal.

Dalam data Dewan Pers, Umbaran Wibowo tercatat sebagai wartawan TVRI Jawa Tengah, bahkan pernah mengikuti uji kompetensi pada 2018 lewat lembaga penguji PWI dengan status sebagai wartawan madya.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara


Credit: Source link

Related Articles