Mandalika jadi tuan rumah Shell Eco-marathon 2022

Jakarta (ANTARA) – Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat siap menjadi tuan rumah dari kompetisi inovasi kendaraan hemat energi, Shell Eco-marathon.

“Shell Eco-marathon menjadi ajang yang mendorong generasi muda di seluruh dunia untuk berinovasi dan berpartisipasi dalam mencari solusi atas tantangan energi di masa depan, serta mengakselerasi tercapainya agenda transisi energi di dunia, termasuk di Indonesia,” kata Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia Ingrid Siburian dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Kompetisi yang baru pertama kalinya digelar di Indonesia tersebut akan berlangsung pada 11 hingga 15 Oktober 2022. Ingrid berharap, penyelenggaraan di Tanah Air mampu mendorong akselerasi kendaraan ramah lingkungan.

“Dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah, tentunya kami berharap ajang ini dapat mendorong keterlibatan lebih banyak pihak untuk turut ambil bagian dalam pencapaian komitmen Net-Zero Emission (NZE) Indonesia di 2060,” kata dia.

Shell Eco-marathon merupakan kompetisi yang menantang pelajar dan mahasiswa perguruan tinggi di berbagai negara di dunia, untuk berinovasi merancang dan membangun kendaraan yang paling hemat energi untuk menjawab tantangan energi di masa depan guna mewujudkan mobilitas yang lebih cerdas dan lebih berkelanjutan.

Kompetisi Shell Eco-marathon dimulai di Perancis pada tahun 1985 dan hadir di kawasan Asia untuk pertama kalinya pada tahun 2010.

Sepanjang sejarah penyelenggaraan Shell Eco-marathon di Asia, tim Indonesia telah berhasil mencatatkan banyak pencapaian besar di ajang ini, salah satunya melalui tim Sapuangin dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang dari tahun ke tahun secara konsisten meraih banyak penghargaan mengalahkan tim-tim pesaing lainnya dari berbagai negara di dunia.

Saat ini, sebanyak 78 tim mahasiswa yang berasal dari 13 negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, Korea Selatan, Arab Saudi, India, Pakistan, Kazakhstan, dan Nepal, telah terdaftar sebagai peserta untuk kompetisi Shell Eco-marathon Indonesia 2022.

“Kehadiran Shell Eco-marathon tentu akan menjadi bagian dari catatan penting untuk sejarah perjalanan sirkuit ini, dan kami bersiap untuk menyuguhkan pengalaman yang memukau bagi semua peserta yang berasal dari berbagai belahan dunia,” kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria.

Adapun tim-tim mahasiswa peserta Shell Eco-marathon akan berkompetisi dalam dua kategori rancangan kendaraan yakni Urban Concept dan Prototype.

Tim-tim mahasiswa akan menciptakan kendaraan khusus yang dapat menempuh jarak terjauh dengan konsumsi sumber energi yang paling sedikit. Adapun sumber energi atau bahan bakar untuk kendaraan yang digunakan juga bervariasi yakni baterai listrik, hydrogen fuel-cell, bensin, etanol dan atau diesel.

Baca juga: Shell Advance dukung Ducati Lenovo di MotoGP Mandalika

Baca juga: Perhatikan hal ini agar tak salah pilih oli sepeda motor

Baca juga: Airlangga: Pemerintah kaji INA investasi di Masela, gantikan Shell

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link