Mantan Menteri Pendidikan Abdul Malik Fadjar Wafat

by

in

JawaPos.com – Tokoh Muhammadiyah Abdul Malik Fadjar dikabarkan meninggal dunia. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode pertama Joko Widodo (Jokowi) disebutkan meninggal di Rumah Sakit (RS) Mayapada Kuningan, Jakarta.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti pun membenarkan hal tersebut, di mana lulusan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Malang angkatan 1972 ini telah berpulang. “Ya. Mohon doa semoga beliau husnul hatimah dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah, (meninggal) di RS Mayapada,” ungkapnya ketika dikonfirmasi JawaPos.com, Senin (7/9).

Pria kelahiran Yogyakarta, 22 Februari 1939 tersebut meninggal dunia pada pukul 19.00 WIB di Jakarta. Dia wafat pada usia 81 tahun.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendi tampak mendampingi almarhum Abdul Malik Fadjar. (Foto: istimewa/Radar Malang)

Selama hidupnya, dia pernah menjabat sebagai Menteri Agama Indonesia ke-17 pada periode 1998-1999. Kemudian juga sebagai Menteri Pendidikan Nasional Indonesia periode 2001-2004.

Bukan itu saja, dia juga pernah mengisi kekosongan kursi Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Indonesia pada periode April-Oktober 2004.

Malik pun juga dikenal sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dia menjabat kursi itu pada 1983 sampai 2000.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking


Credit: Source link