Mantan Presiden Zimbabwe Tutup Usia

0
Mantan Presiden Zimbabwe Tutup Usia

21 November menjadi akhir dari kepemimpinan Robert Mugabe sebagai Presiden Zimbabwe

Jakarta, Jurnas.com – Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe yang memerintah negara itu selama hampir empat dekade ketika seorang otokrat meninggal dunia Jumat (06/09) pada usia 95 tahun.

“Dengan sangat sedih saya mengumumkan kematian ayah pendiri Zimbabwe dan mantan Presiden Cde Robert Mugabe,” kata Presiden Emmerson Mnangagwa melalui Twitter.



“Cde Mugabe adalah ikon pembebasan, seorang pan-Afrika yang mengabdikan hidupnya untuk pembebasan dan pemberdayaan rakyatnya. Kontribusinya bagi sejarah bangsa dan benua kita tidak akan pernah dilupakan. Semoga jiwanya beristirahat dalam kedamaian abadi,” tambahnya.

Mugabe, yang pernah digembar-gemborkan sebagai pejuang kemerdekaan, memiliki citra rumit di Zimbabwe.

Setelah naik ke tampuk kekuasaan setelah perjuangan Zimbabwe untuk kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1980, ia berpegang teguh pada kursinya selama 37 tahun sebagai perdana menteri pertama negara itu saat itu sebagai presiden.

Dia terkenal mengatakan “satu-satunya tuhan” bisa menurunkannya karena dia adalah orang yang naik ke kekuasaan.

“Saya tidak akan pernah, tidak akan pernah, menyerah,” katanya pada bulan Desember 2008, menanggapi seruan agar dia mundur. “Zimbabwe adalah milikku, aku orang Zimbabwe.”

Mugabe akan memerintah untuk dekade berikutnya setelah mengucapkan kata-kata itu sampai dia akhirnya digulingkan dalam kudeta militer 2017 karena telah dipecat Wakil Presiden Mnangagwa (76), untuk memudahkan istrinya, Grace Mugabe, 54, untuk menjadi presiden.

Dia mengundurkan diri seminggu setelah kudeta. Dia sedang menghadapi proses impeachment pada saat itu.

David Coltart, seorang senator Zimbabwe dan mantan menteri pendidikan, menyampaikan belasungkawa melalui Twitter kepada keluarga dan pendukung Mugabe.

“Dia adalah raksasa di panggung Zimbabwe & warisan positif abadi akan menjadi perannya dalam mengakhiri pemerintahan minoritas kulit putih & memperluas pendidikan berkualitas untuk semua warga Zimbabwe,” katanya.

Mugabe meninggal di rumah sakit Singapura tempat dia tinggal sejak April menerima perawatan untuk penyakit tertentu yang tidak diketahui.

TAGS : Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/58845/Mantan-Presiden-Zimbabwe-Tutup-Usia/

Leave A Reply

Your email address will not be published.