Megawati Ungkap Alasan Pilih Ganjar Jadi Capres PDIP

Megawati Ungkap Alasan Pilih Ganjar Jadi Capres PDIP
Tangkapan layar jumpa pers online usai rapat DPP Partai ke-140 Diperluas Tiga Pilar, Jumat, di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat. (BP/iah)

DENPASAR, BALIPOST.com – Megawati Soekarnoputri yang merupakan Ketua Umum PDI Perjuangan mengumumkan calon presiden yang diusung dalam Pemilu 2024. Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah ditingkatkan penugasannya menjadi calon presiden RI yang diusung PDIP.

Dalam memutuskan pilihan ini, Megawati mengungkapkan dirinya sudah menggunakan seluruh akal budi dan mata hati serta pikirannya. Juga telah melakukan berdialog dengan tokoh bangsa, petugas partai, ketua umum parpol, dan secara rutin dengan Presiden Joko Widodo.

“Setelah selama ini memikirkan dan mencermati apa yang menjadi keinginan rakyat serta memohon petunjuk kepada Allah, maka pada Hari Kartini ini, tanggal 21 April 2023, dan sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum perempuan yang nondiskriminatif, setara, dan dijamin oleh konstitusi negara, maka pada jam 13.45, menetapkan saudara Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya menjadi calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” tegasnya dalam siaran langsung yang dipantau dari kanal YouTube PDI Perjuangan, Jumat (21/4).

Sementara itu, Joko Widodo yang juga hadir dalam kesempatan itu berharap Ganjar Pranowo, dapat melanjutkan program-program unggulan. “Pemimpin yang baru harus terus melanjutkan visi bangsa dan program-program unggulan yang telah dicanangkan,” kata Jokowi.

Jokowi juga berharap Ganjar dapat menjaga ideologi Pancasila, persatuan, serta toleransi dan kebersamaan menjadi fondasi sosial bangsa Indonesia. “Kesejahteraan rakyat yang adil dan merata, pembangunan Indonesia sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional, kemandirian nasional, berdikari, dan kepemimpinan Indonesia di masyarakat global harus tercermin dalam sikap pemimpin untuk memperjuangkan kepentingan nasional,” jelasnya.

Jokowi pun menyebut semangat Pilpres 2024 adalah semangat kontestasi program. “Semangat kontestasi ide-ide besar untuk bangsa dan negara. Saya yakin rakyat Indonesia semakin dewasa dalam menentukan pilihannya,” tambahnya.

Ia berharap Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan demokratis serta dapat terpilih pemimpin yang meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil, dan makmur. “Terakhir, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Kartini kepada Ibu Megawati Soekarnoputri dan Mbak Puan Maharani dan perempuan-perempuan Indonesia pada hari ini; dan juga kepada seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin,” ujar Jokowi. (Diah Dewi/balipost)

Credit: Source link

Related Articles