Melihat Aktivitas Make-up Pramugari: Lipstik Cerah, Rambut Disanggul

Melihat Aktivitas Make-up Pramugari: Lipstik Cerah, Rambut Disanggul

JawaPos.com – Selama bertugas, pramugari dituntut menjaga profesionalitas. Tak hanya optimal melayani penumpang, mereka juga harus tampil menawan selama penerbangan.

Sebelum terbang, para pramugari wajib berdandan. Tak hanya make-up, mereka juga harus menyanggul rambut. Tiga jam sebelum estimated time of departure (ETD), pramugari harus siap sedia.

Dibutuhkan waktu dua jam untuk persiapan sebelum berangkat ke bandara. Terhitung mulai bangun tidur, mandi, memakai make-up, hingga persiapan lainnya. ’’Satu jam sebelum terbang, kami sudah harus sampai di bandara,’’ ungkap Nina Marlina, pramugari Lion Air.

Nina perlu waktu yang tidak singkat untuk merias diri. Terlebih, proses menyanggul berlangsung hingga 30 menit. Hal itu terlihat saat dia bersiap terbang ke Lombok Senin (15/8) siang. Nina sampai empat kali menata sanggulnya agar benar-benar rapi.

Tidak ada aturan resmi dalam membuat sanggul. Intinya, harus rapi dan menyesuaikan bentuk rambut. Berbeda dengan make-up yang memiliki aturan tersendiri. Misalnya, lipstik berwarna cerah. Pada area mata, eye shadow harus mencolok. ’’Jangan (terlihat) pucat,’’ kata Nina.

Pramugari asal Bandung itu mengaku harus touch up di setiap waktu senggang. Bisa dilakukan setelah makan hingga saat terbang. Sekadar menambah bedak atau lainnya agar riasan tetap prima.

Pramugari punya waktu minimal sembilan jam untuk beristirahat sebelum terbang kembali. Saat penerbangan padat seperti sekarang, waktu istirahat bisa berkurang. Nina pun pernah tertidur dalam keadaan bersanggul karena kelelahan. ’’Itu hanya berlangsung beberapa menit,’’ ujarnya, lantas tersenyum.

Selain identitas dan dokumen penerbangan, peralatan dandan lengkap pun wajib dibawa pramugari saat berada di pesawat. Termasuk jepitan lidi dan hair spray agar sanggul tetap rapi.

Pramugari Lion Air lainnya, Vanda Dwi Mareta, juga tak lupa membawa anting, jam tangan, name tag, dan ID card. Soal menata sanggul, dia belajar dari YouTube.

Menurut Vanda, bedak pramugari yang cepat habis merupakan hal wajar. ’’Bedak kan biasanya awet sampai tiga bulan. Kalau kami ya sebulan (karena sering dipakai, Red),’’ ucap perempuan asal Rembang itu, lalu tertawa.

Tanggung Jawab Sesuai Area

SETIAP bertugas, pramugari memiliki tanggung jawab area di dalam kabin. Biasanya area menyesuaikan saat pramugari safety demonstration. Tempat pramugari berdiri melakukan demonstrasi keselamatan sebelum terbang merupakan bagian area yang menjadi tanggung jawabnya. Jika terjadi sesuatu di tempat tersebut, pramugari yang bertanggung jawab di wilayah itu wajib menangani. Termasuk ketika terjadi situasi darurat.

Deputy Chief Flight Attendant Lion Air Hanindya Oni Grahasti mengatakan, di dalam kabin seorang pramugari memiliki area tanggung jawab masing-masing. Biasanya pembagian juga menyesuaikan urutan kursi penumpang. Misalnya, pramugari yang berdiri di depan harus meng-handle kursi nomor 1 sampai 9.

Menurut Oni, sapaan Hanindya Oni Grahasti, ada rasa bahagia jika penerbangan berjalan mulus dan lancar. Apalagi mendapat pujian dari penumpang. ’’Senang sekali kalau lancar dan tidak ada komplain,’’ ucapnya Selasa (16/8).

Oni menambahkan, selama bertugas, selalu ada suka yang dirasa. Bukan hanya perjalanan lancar dan tanpa komplain, kru kabin mendapat compliment dari penumpang juga hal yang menggembirakan. Selama ini, tidak ada duka signifikan yang dialami. Karena dalam situasi dan kondisi apa pun, harus punya tanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan di tengah dinamisnya penerbangan. Khususnya yang berhubungan dengan kru kabin.

Jadwal penerbangan pramugari dibuat sebelum berangkat. Terutama untuk penerbangan reguler. Namun, Oni juga harus membuat jadwal baru jika ada penerbangan khusus. Menyesuaikan kru di dalam kabin dengan jenis pesawat.

Dia menuturkan, jika pesawat jenis Boeing 737-900 ER, minimal pramugarinya lima orang. Sedangkan untuk Boeing 737-800 NG, kru pramugari yang ada di dalam bisa minimal empat orang. Tapi, terkadang jumlah pramugari juga menyesuaikan kebutuhan.

TIPS JAGA PENAMPILAN PRAMUGARI

• Beristirahat yang cukup

• Mengatur pola makan

• Berolahraga untuk menjaga kesehatan dan berat badan

• Mengurangi makan fast food

• Memperbanyak konsumsi buah dan air putih

• Menjalani latihan social grace dan belajar make-up

SUMBER: DIOLAH DARI BERBAGAI SUMBER


Credit: Source link

Related Articles