Membunuh Baghdadi Tak Mengubah Fakta Kejatahan AS di Timur Tengah

by

in
Membunuh Baghdadi Tak Mengubah Fakta Kejatahan AS di Timur Tengah

Kelompok ISIS

Washington, Jurnas.com – Amerika Serikat (AS) yang harus disalahkan atas proliferasi Islamic State Iraq and Syria (ISIS/Daesh) dan kelompok teroris lainnya di Timur Tengah. Membunuh Abu Bakar al-Baghdadi tidak mengubah fakta tersebut.

Seorang analis AS, yang juga pemimpin redaksi AttacktheSystem, Keith Preston mengatakan, AS sudah berusaha untuk mempersenjatai pakaian Takfiri tersebut terhadap negara yang menentang pendirian AS di kawasan itu.

Seorang analis politik Amerika di Virginia itu membuat pernyataan tersebut mengomentari serangan operasi khusus yang dilakukan militer AS di provinsi Idlib, Suriah, yang menewaskan pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.

Komando Operasi Khusus Gabungan melakukan operasi rahasia setelah menerima intelijen yang dapat ditindaklanjuti, menurut sumber-sumber militer AS, dan dua istri Baghdadi juga terbunuh dalam serangan itu.

“Meskipun memang benar bahwa AS mungkin bertanggung jawab atas pembunuhan pemimpin ISIS seperti halnya mereka bertanggung jawab atas pembunuhan pemimpin kelompok militan Taliban, Osama bin Laden beberapa tahun yang lalu, kita juga harus mempertimbangkan cara di mana AS bertanggung jawab atas proliferasi organisasi teroris Takfiri ini,” kata Preston kepada Press TV, Minggu (27/10).

Baca juga.. :

“AS mengklaim sekarang selama 18 tahun mereka berperang melawan organisasi teroris ini seperti al-Qaeda, seperti Front al-Nusra, ISIS. Pada saat yang sama, AS juga sudah mencoba bekerja dengan kedua ujungnya menyangkut organisasi tersebut. Di satu sisi, mereka menentang teroris, sisi lain mempersenjatai organisasi ini terhadap saingan geopolitik AS di Timur Tengah,” tambahnya.

Ia mengatakan Washington mencoba menggunakan ISIS sebagai senjata melawan Suriah, melawan Iran, melawan pasukan lain yang juga menentang As di kawasan itu.

“AS, di satu sisi, mengobarkan perangnya sendiri melawan beberapa organisasi ini, dan di sisi lain, memberi mereka kebebasan ketika datang ke upaya untuk menggunakannya sebagai senjata melawan pihak lain di wilayah tersebut,” katanya.

Preston juga menyalahkan AS atas perannya dalam memberikan dukungan kepada Arab Saudi, Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan negara-negara lain di kawasan yang menyebarkan ideologi Takfiri ini yang membangun kelompok-kelompok teroris ini.

“Jadi, bukan berarti AS menjadi topi putih dalam konflik khusus ini,” pungkasnya.

Operasi Idlib dilakukan hanya beberapa minggu setelah Trump mengumumkan bahwa AS akan menarik pasukannya dari timur laut Suriah, membuka jalan bagi serbuan Turki ke wilayah tersebut.

Turki melancarkan serangan pada 9 Oktober dengan tujuan membersihkan daerah-daerah Suriah timur laut di dekat perbatasannya dengan militan Kurdi yang didukung AS, yang dipandang sebagai teroris yang terkait dengan militan pencari otonomi lokal dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

TAGS : Amerika Serikat Abu Bakar al-Baghdadi Keith Preston

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/61593/Membunuh-Baghdadi-Tak-Mengubah-Fakta-Kejatahan-AS-di-Timur-Tengah/