Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Museum Sumpah Pemuda Gelar Upacara

by

in

JawaPos.com – Dalam rangka memperingari Hari Sumpah Pemuda ke-93 Museum Sumpah Pemuda, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mengadakan Upacara Bendera di Halaman Gedung Museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat pada Kamis (28/10).

Hadir memberi sambutan sebagai Pembina Upacara, Hilmar Farid Direktur Jenderal Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, ’’Hari Sumpah Pemuda ke 93 kali ini mengambil tema Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” urai Hilman Farid.

Dia menambahkan, temaitu  sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa. ’’Tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ucapnya.

Pandemi Covid-19 yang masih melanda berbagai Bangsa di belahan dunia termasuk Indonesia, tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga mempengaruhi kondisi perekonomian, Pendidikan dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Pemuda sebagai agen perubahan (agent of change) ialah sebuah fakta sejarah yang tidak bisa dihindari.

Pemuda Indonesia selaku menjadi penentu momen penting perjalanan bangsa Indonesia. Mulah dari Pendirian Budi Utomo tahun 1908, Momentum Sumpah Pemuda tahun 1928, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 1945, hingga reformasi tahun 1998 menjadi momentum bersejarah penting dalam perjalanan bangsa Indonesia. Semua momentum tersebut ialah hasil karya, komitmen dan deikasi para pemuda Indonesia.

Selain itu, Hilman Farid mengatakan bahwa, momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat Persatuan kita sebagai Bangsa untuk bersama-sama Bangkit melawan Pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Dinarsa Kurniawan


Credit: Source link