Menag Tekankan Karakter dan Komitmen Kebangsaan

by

in

JawaPos.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas secara resmi meluncurkan tema dan logo Hari Santri 2021 di Jakarta pada Selasa (21/9). Menurut dia, santri adalah aset luar biasa yang dimiliki bangsa Indonesia. Dia berpesan santri harus memiliki karakter dan komitmen kebangsaan.

Menurut Yaqut dari para santri inilah, bangsa Indonesia memiliki karakter yang kuat. Sekaligus mampu mempertahankan persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan. Kemenag menetapkan, tema Hari Santri tahun ini adalah Santri Siaga Jiwa Raga.

“Ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air,” jelasnua. Kemudian juga mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia. Selain itu, siaga jiwa raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren.

Yaqut menuturkan siaga jiwa juga bermakna bahwa santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak. Kemudian berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Untuk itu santri tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting di era pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) sekarang ini,” katanya. Pada masa pandemi seperti sekarang, santri tetap disiplin dan tidak boleh lengah dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes) 5M+1D. Meliputi disiplin memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan berdoa.

Yaqut juga menekankan Hari Santri tidak hanya milik kalangan pesantren atau ormas Islam tertentu. Tetapi milik seluruh masyarakat Indonesia. Karena selama ini kaum santri selalu siap dan sedia menjadi pengawal dan penerang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan sejumlah rangkaian acara menyambut Hari Santri 2021. Diantaranya Pesantren Virtual Exhibition dan Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga. Sayembara ini meliputi kegiatan VAKSIN (Video Aksi Kiai-Santri Indonesia), Surat Santri untuk Presiden dan Menteri, Challenge Selamat Hari Santri, Santri Sehari Menjadi Menteri dan berbagai kegiatan lainnya. “Sebagai penutup dari rangkaian peringatan Hari Santri 2021, akan dilaksanakan Upacara Bendera pada 22 Oktober 2021,” katanya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Hilmi Setiawan


Credit: Source link