Menelisik keunggulan desain Suzuki Burgman Street 125EX

Jakarta (ANTARA) – Suzuki Indonesia pada Oktober tahun lalu resmi mengenalkan Suzuki Burgman Street 125EX sebagai skutik global yang didesain langsung oleh tim desainer berbakat Suzuki Motor Corporation (SMC) Japan.

Mengutamakan kenyamanan berkendara dan kemewahan desain yang diyakini cocok dengan minat masyarakat di berbagai negara, skutik modern berfitur lengkap ini dihadirkan untuk menunjang mobilitas keseharian masyarakat. Skutik ini merupakan produk pertama milik Suzuki yang menyematkan teknologi mesin Suzuki Eco Performance Alpha (SEP-α) di Indonesia, mengacu keterangan resmi pada Senin.

Skutik yang dipasarkan sebagai produk global Suzuki ini tinggal menunggu beberapa waktu lagi untuk resmi dimiliki oleh pelanggan di Indonesia. Kehadiran Burgman Street 125EX ini pun tidak lepas dari peranan perancang yang berasal dari Jepang.

Mengusung konsep desain “Unassuming Elegance” yang mengacu pada kemewahan dan kecanggihan pada skutik 125cc, Burgman Street 125EX yang berdimensi panjang 1.875 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.140 mm ini mengedepankan garis tampilan elegan.

Suzuki Motor Corporation Designer of Burgman Street 125EX Matsuzawa Shuji mengatakan bahwa Burgman Street 125EX ini dirancang dan didesain sedemikian rupa untuk menunjang kemudahan, kenyamanan, serta keamanan berkendara.

Baca juga: Suzuki bawa  Burgman Street 125EX di IMOS+ 2023

 

Suzuki Burgman Street 125EX. (ANTARA/HO/PT SIS)

“Kami memadukan garis desain yang elegan dengan kekayaan konsep pada bodi motor dengan berbagai fitur untuk mengoptimalkan pengalaman berkendara yang penuh gaya,” kata Matsuzawa.

Keseluruhan desain sepeda motor dengan garis dynamic body yang cenderung melengkung, memberikan kesan mewah untuk menyasar gaya urban. Desain “Unassuming Elegance” dari Burgman Street 125EX ini juga dituangkan ke bodi dan rangka motor yang ringan serta rigid, sehingga dapat mengurangi berat kendaraan guna meningkatkan kenyamanan dan kelincahan saat bermanuver.

Penggunaan ban depan ukuran 90/90 dan ban belakang 100/80 dengan velg 12” cast aluminium yang dikombinasikan dengan jarak sumbu roda yang panjang, dapat meningkatkan efisiensi sekaligus memberikan stabilitas yang lebih baik secara bersamaan ketika dikendarai di jalanan lurus, berkelok, maupun kondisi jalan yang kurang nyaman.

Baca juga: Suzuki akan uji e-Burgman di Jepang April-Juni 2023

Suzuki Burgman Street 125EX memiliki ketinggian jok, floorboard, dan footboards yang sesuai dengan berbagai tipe tubuh, termasuk untuk masyarakat Indonesia pada umumnya, agar dapat memberikan kenyamanan saat berkendara, bahkan jika harus digunakan saat perjalanan jarak jauh.

Floorboard yang proporsional memungkinkan fleksibilitas terhadap posisi kaki untuk mempertahankan posisi berkendara yang nyaman, dengan desain cut-away pada bagian belakang, bertujuan memudahkan untuk naik dan turun dari sepeda motor. Posisi duduk dirancang agar lebih rileks sehingga tidak membuat pengendara cepat lelah. Ground clearance yang cukup tinggi juga memberikan rasa yang tenang di mana pun.

Keutamaan desain Suzuki Burgman Street 125EX juga dapat dilihat dari banyaknya fitur utilitas yang disematkan. Kompartemen depan sisi kiri yang tertutup, cukup besar untuk menampung barang pengendara seperti ponsel pintar dan dilengkapi kontak USB 2A untuk mengisi daya gawai tersebut. Terdapat juga kompartemen terbuka di sisi kanan depan yang cukup besar untuk menyimpan barang lainnya yang tidak membahayakan perjalanan.

Suzuki Burgman Street 125EX. (ANTARA/HO/PT SIS)

Selain itu, di bawah jok terdapat ruang bagasi berkapasitas 21,5L yang dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang penting lainnya dan melindunginya dari berbagai kondisi cuaca.

Komponen lainnya yang tidak kalah penting adalah penggunaan LED untuk lampu depan dan lampu belakang yang terang, ringkas, dan tahan lama. Didesain menempati proporsional posisi rendah pada penutup depan dan menampilkan desain lensa terpisah yang khas, lampu LED bertujuan memberi penerangan yang optimal sehingga pengalaman berkendara lebih baik dan lebih nyaman, terutama ketika berkendara di jalanan yang gelap atau malam hari.

Suzuki juga menyematkan desain knalpot dengan garis-garis tajam dengan desain yang memungkinkan roda belakang dilepas dengan knalpot terpasang, sehingga memudahkan ketika sepeda motor akan diservis.

Sebelum diluncurkan ke berbagai negara, perusahaan telah melakukan penelitian dan pengembangan detail dan mendalam sampai akhirnya berhasil menghadirkan Suzuki Burgman Street 125EX yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dunia di masing-masing negara.

“Kami mengapresiasi antusiasme luar biasa masyarakat Indonesia akan Suzuki Burgman Street 125EX ini. Harapan kami, sepeda motor Suzuki ini dapat diterima dan dapat memenuhi kebutuhan akan penggunaan sepeda motor di Indonesia untuk menunjang mobilitas sehari-hari,” tutup Matsuzawa.

Baca juga: Suzuki Indonesia siapkan skutik bongsor?

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Credit: Source link