Mengenal Aktuaria, Prodi Baru Favorit Calon Mahasiswa

by

in
Mengenal Aktuaria, Prodi Baru Favorit Calon Mahasiswa

Ilustrasi Aktuaria (Foto: Shutterstock)

Jakarta, Jurnas.com – Dalam dua hingga tiga tahun terakhir, Aktuaria menjadi salah satu program studi (prodi) yang menjadi incaran para calon mahasiswa, saat mendaftar ke perguruan tinggi.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo Widyobroto, pada Rabu (22/1) di Jakarta.

“Jumlah pendaftarnya tinggi. Sbeenarnya Aktuaria itu gabungan antara akuntansi dengan matematika,” terang Budi dalam pernyataannya.

“Sifatnya itu bicara data, banyak statistik, kemudian memprediksi. Aktuaria banyak digunakan untuk asesmen asuransi, dan sebagainya,” lanjut dia.

Untuk diketahui, Aktuaria merupakan ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Ilmu ini merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer.

Baca juga.. :

Beberapa perguruan tinggi yang sudah membuka prodi Aktuaria antara lain Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Adapun dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan LTMPT sebagai prasyarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), menggolongkan prodi Aktuaria ke dalam kelompok Sains dan Teknologi (Saintek).

Budi menuturkan, tahun ini ada 85 perguruan tinggi negeri (PTN) yang terdaftar dalam LTMPT. Dari 85 PTN itu, 11 di antaranya merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam atau Universitas Islam Negeri (UIN).

“Mulai tahun 2020 ini bertambah ada Universitas Terbuka (UT) yang baru bergabung, tapi hanya ikut di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Itu pun hanya untuk dua program studi yang berhubungan dengan teknologi informasi dengan total daya tampung hanya 50 orang,” jelas Budi.

Budi mengatakan, saat ini LTMPT sedang mengusahakan sinergisitas agar politeknik juga bisa bergabung dengan LTMPT. Karenanya dia akan mengkaji harmonisasi peraturannya terlebih dahulu.

Sebab, dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 60 Tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, politeknik belum bergabung dengan LTMPT.

TAGS : Prodi Aktuaria Perguruan Tinggi Kemdikbud LTMPT

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/66172/Mengenal-Aktuaria-Prodi-Baru-Favorit-Calon-Mahasiswa/