Mengunjungi fasilitas xEV milik TMMIN di Karawang

Bandung (ANTARA) – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membuktikan komitmen mereka atas kendaraan ramah lingkungan melalui Fasilitas xEV Center di TMMIN Karawang Plant 3 yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

ANTARA pada Rabu (30/11) berkesempatan untuk mengunjungi Fasilitas xEV Center di TMMIN Karawang Plant 3, yang banyak menyajikan hasil riset dari tujuh Universitas ternama di Indonesia untuk kendaraan ramah lingkungan.

Para pengunjung akan langsung disambut dengan Toyota Prius Hybrid, yang sudah dipotong sebagai gambaran ilustrasi untuk mengetahui cara kerja dari mobil hybrid milik Toyota.

Baca juga: Babak baru mobil hibrid Indonesia

xEV Center ini memiliki empat zona berbeda dengan bahasan yang beragam di masing-masing zona, seperti Inisiatif Lingkungan, Teknologi, Ekosistem Hijau dan juga Komunitas Berkelanjutan.

“Kenapa dinamakan xEV Ceter, karena x nya itu bisa dimasuki dengan berbagai teknologi seperti hybrid, plug-in hybrid, BEV, bahkan FCEV,” jelas Presenter xEV Center, Nathasya Nathalia di sela-sela acara.

Para pengunjung juga akan diberikan berbagai informasi yang sudah dilakukan oleh pabrikan asal Jepang ini, dalam mengembangkan elektrifikasi di pasar otomotif Indonesia saat ini dan juga inovasi untuk kedepannya yang dilakukan bersama dengan stakeholder dan juga tujuh Universitas ternama di Indonesia.

Pada Zona Inisiatif Lingkungan, pengunjung akan banyak disuguhkan dengan penjelasan mengenai kondisi lingkungan global dan Perjanjian Paris, dasar target nasional untuk mencapai netralitas karbon.

Presenter xEV Center, Nathasya Nathalia sedang menjelaskan zona teknologi yang ada di Fasilitas xEV Center di TMMIN Karawang Plant 3, Karawang, Jawa Barat, Rabu (30/11/2022). (ANTARA/Chairul Rohman)

Zona ini juga menyajikan peta jalan energi di Indonesia, untuk mendukung upaya menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan partisipasi aktif Toyota dalam Toyota Environmental Challenge 2050.

Pada zona kedua, yakni Zona Teknologi lebih banyak menjelaskan klasifikasi kendaraan ICE dan xEV yang dilengkapi dengan cuplikan video yang mendemonstrasikan cara kerja kendaraan xEV dan untuk memudahkan masyarakat memahami.

Selain itu, ada pula tampilan xEV Cut Body di zona teknologi sebagai ilustrasi simulasi energi kendaraan xEV. komponen utama xEV juga dijelaskan melalui wallchart. Penjelasan rinci komponen juga dapat diakses melalui Virtual Reality dan Augmented Reality

Beralih ke zona tiga yakni Ekosistem Hijau, pengunjung akan diberikan penjelasan mendetail mengenai konsep elektrifikasi dari hulu ke hilir yang banyak belum diketahui oleh masyarakat dengan menampilkan diorama yang semakin memudahkan pengunjung untuk mengerti.

Dalam zona ini, pengunjung juga akan banyak mendapat informasi mengenai Ekosistem xEV, jenis pengisian daya, hingga peralatan kelistrikan juga tersedia pada zona tersebut.

Pengunjung dapat dengan mudah melihat PHEV kendaraan dan stasiun pengisian di zona ini, penggunaan xEV sebagai sumber tenaga dan umur kendaraan, serta pengolahan limbah baterai nantinya melalui proses 3R.

Pada zona terakhir, pengunjung akan dibawa ke sebuah hasil dan juga berbagai riset yang sudah dilakukan bersama dengan pemerintah dan juga tujuh universitas ternama di tanah air seperti UI, LPEM UI, ITB, UGM, UNS, ITS, Universitas Udayana, dan Universitas Diponegoro.

Selain empat zona yang ditargetkan akan memberikan sarana edukasi, pengunjung juga bisa merasakan secara nyata sensasi berkendara menggunakan berbagai teknologi kendaraan berlistrik di area Driving Experience, dan fasilitas pengisian daya juga disediakan melalui Outdoor Charging Station.

Untuk bisa mengunjungi Fasilitas xEV Center di TMMIN Karawang Plant 3, para pengunjung wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui pesan elektronik. Meski begitu, pengunjung harus menunggu antrian hingga tahun depan untuk bisa melihat lebih dekat fasilitas tersebut.

“Kita memang banyak menerima kunjungan dari berbagai instansi pemerintah dan juga swasta, dari akademisi yang bekerjasama dengan kita dan juga yang tidak. Jadi, sampai tahun ini, sudah penuh jadwal kunjungan untuk fasilitas ini,” tutup Nathasya.

Baca juga: Produksi kendaraan global Toyota pada Oktober naik 23 persen

Baca juga: Toyota Aqua disegarkan dengan konsep GR Sport

Baca juga: Cara komunitas Toyota Wish rayakan hari jadi ke-8

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link