Menlu AS Tiba di Korea Utara

by

in
Menlu AS Tiba di Korea Utara

Direktur Central Intelligence Agency (CIA), Mike Pompeo (Foto: via Financial Tribune)

Pyongyang – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo tiba di Korea Utara pada Rabu (9/5) pagi. Kedatangannya ke Korut dengan tujuan menyelesaikan rincian rencana pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korut Kim Jong-un.

Para pejabat AS mengatakan Pompeo juga akan menekan Korea Utara untuk membebaskan tiga warganya yang saat ini ditahan. Sementara itu Korut menyatakan tidak senang dengan Washington, atas komentarnya seolah-olah AS mendorong Kim ke meja perundingan.

Baca juga : Obama Sebut Keputusan Trump Berakibat Fatal

“Pada saat ini, Sekretaris Pompeo sedang dalam perjalanan ke Korea Utara untuk pertemuan saya dengan Kim Jong-un,” ujar Trump di Gedung Putih, Washington.

Tak lama setelah berkomentar demikian, Trump menyatakan diri bahwa AS sudah keluar dari Kesepakatan Nuklir Iran.

Baca juga : Presiden Iran: Kami Akan Memulai Industri Nuklir

“Rencana sedang dibuat, hubungan sedang dibangun. Semoga kesepakatan akan terjadi dengan bantuan China, Korea Selatan dan Jepang. Masa depan kemakmuran dan keamanan yang besar dapat dicapai untuk semua orang,” imbuhnya.

Dilansir dari Washington Post, Pompeo terbang dari Washington pada Senin malam (Selasa siang) menggunakan Air Force 757 ditemani oleh beberapa pembantu senior, petugas keamanan dan dua orang jurnalis.

Baca juga : Keluar dari Kesepakatan Nuklir, AS Dikecam

TAGS : Amerika Serikat Mike Pompeo Korea Utara

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34023/Menlu-AS-Tiba-di-Korea-Utara/