Menteri "Olimpiade" Inggris Meninggal Dunia

by

in
Menteri "Olimpiade" Inggris Meninggal Dunia

Dame Tessa Jowell (Foto: Telegraph)

London – Inggris berduka. Tessa Jowell, mantan menteri pemerintah Inggris yang sukses mempersembahkan juara Olimpiade pada 2012 lalu, meninggal dunia pada Sabtu (Minggu waktu setempat), setelah mengalami pendarahan otak.

Dilansir dari Reuters, perempuan berusia 70 tahun itu berjuang sembuh dari penyakitnya, setelah didiagnosis mengidap kanker otak pada Mei tahun lalu.

Baca juga : Inggris Kutuk Aksi Bom Gereja di Surabaya

Saat memimpin penghormatan terakhir untuk Jowell, Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair mengatakan, “Jowell memiliki semangat, tekad, dan kesopanan manusia yang sederhana dari siapapun yang pernah saya kenal.”

Ucapan duka juga datang dari Perdana Menteri Inggris Theresa May. Menurutnya, Jowell merupakan sosok pemberani namun tetap humble dan menginspirasi.

Baca juga : Protes Pemain Arsenal Berujung Hukuman FA

Semasa hidupnya, Jowell bergabung dengan pemerintah sebagai menteri di Departemen Kesehatan, setelah Partai Buruh milik Blair memenangkan pemilu 1997 dengan skor telak.

Blair lalu menunjuknya ke kabinet pada 2001 sebagai Menteri Kebudayaan, Media, dan Olahraga. Di mana kala itu dia sukses mempersembahkan Olimpiade London kepada rakyat Inggris.

Baca juga : Tinggalkan Everton, Rooney Hijrah ke AS

Setelah divonis kanker, Jowell banyak melakukan kampanye kepada masyarakat agar terhindarkan dari penyakit yang menyerang dirinya itu. Layanan kesehatan kanker yang dimotori Jowell, didanai oleh pemerintah Inggris.

TAGS : Tessa Jowell Inggris Olimpiade Kabar Duka

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34298/Menteri-Olimpiade-Inggris-Meninggal-Dunia/