Messy Hair, Mata Panda, It’s Okay

Messy Hair, Mata Panda, It’s Okay

MENJADI ibu, hidup Bunga Jelitha memasuki babak baru. Puteri Indonesia 2017 tersebut kini menghabiskan lebih banyak waktu di rumah untuk mengasuh dua anaknya: Akleema Regalo Zulaikha, 1 tahun 11 bulan, dan Ansel Regalo Zaynkha, 6 bulan. Di media sosial, Bunga berbagi banyak cerita tentang dua buah hatinya.

Bunga dan suami, pesepak bola Syamsir Alam, berkomitmen mengasuh anak tanpa nanny. “Tiap detik, tangan aku yang pegang anak aku,” tegasnya. Dia banyak berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Dari cara memandikan bayi hingga membedakan tangis bayi yang lapar atau sakit.

Meski punya banyak referensi, tidak semua momen berlangsung sesuai ekspektasi. ’’Namanya new mom, pasti ada nggak sabar dan pengin marah. Tapi, balik lagi, anak butuh tuntunan. Bukan tuntutan,’’ lanjut Bunga.

Untuk urusan mengasuh anak, Bunga dan suami sudah klik. ’’Kalau aku bilang, Keema (panggilan Akleema) dan Ansel harus dibiasain gini, suami dukung,’’ paparnya. Support penuh itu diakui Bunga sangat memberinya kekuatan. Bukan cuma mental, melainkan juga fisik.

Dia mencontohkan momen saat dia hamil Ansel dan harus menyapih Keema. ”Pas hamil, aku masih gendong Keema. Bahkan sempat angkat galon sendiri,’’ ungkapnya. Justru keluarga yang kelabakan melihat Bunga begitu santai mengerjakan kegiatan sehari-hari.

Bunga merasakan ’’hangatnya’’ perhatian sesama ibu semenjak memiliki anak. Bunga mengaku, sebelum jadi ibu, dia sempat menjadi korban bully di media sosial. ’’Alhamdulillah, sejak Keema lahir sampai sekarang, aku nggak pernah dapat komentar enggak enak,’’ ungkapnya.

Komentar dari pageant lovers –sebutan untuk pencinta kontes kecantikan– pun positif. Bahkan ketika Bunga tampil tanpa riasan, apa adanya. ’’Sekarang, kalau mau upload, sudah bodo amat. Messy hair, kantung mata gelap, it’s okay… Karena seperti itulah aku sehari-hari sebagai ibu,’’ imbuh Bunga.

NYAMAN BELAJAR MENJADI ORTU ALA BUNGA

– Cermat Pilah Referensi

Meski mendapat banyak nasihat dari orang terdekat, Bunga dan Alam memilih sendiri poin baik versi mereka untuk diterapkan.

– Pola Asuh Konsisten

Tidak ada perbedaan pola asuh Keema dan Ansel. Kebiasaan dan aturan yang diterapkan sama. Dia ingin kedua anaknya mendapat pengalaman yang sama.

– Tak Sungkan Bertanya

Bunga menanyakan hampir semua hal yang dia ingin tahu kepada dokter anak. Dengan begitu, dia lebih tenang saat menghadapi anak di rumah.

– Couple Time

Bunga dan Alam sepakat menyisihkan waktu setelah kedua anak tidur untuk makan malam atau pillow talk.


Credit: Source link

Related Articles