Mindo Sianipar Solusi Para Petani, Raih Suara Tertinggi

by

in
Mindo Sianipar Solusi Para Petani, Raih Suara Tertinggi

Politisi PDIP, Mindo Sianipar

Jakarta – Anggota DPR Mindo Sianipar dipastikan kembali melenggang ke Parlemen. Politisi PDI Perjuangan (PDIP) ini meraih suara terbanyak di daerah pemilihan Jawa Timur VIII.

Ketua Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) bidang Media Pilian Hutasoit mengatakan, perolehan suara Mindo Sianipar mencapai 93 ribu suara. Perolehan suara itu kata dia berkat kerja keras tim pemenangan meyakinkan masyarakat pemilih.



Pilian menuturkan, sosok Mindo Sianipar yang tak asing lagi bagi masyarakat Jatim khususnya Dapil VIII, menarik untuk disikapi. Sebab, di tengah maraknya politik uang dalam pemilu serentak, Mindo konsisten melakukan pendidikan politik dan menghindari politik uang (money politik) untuk meyakinkan masyarakat pemilih.

“Tak sedikit Caleg memberi janji-janji manis. Ada juga Caleg atau TS (Tim Sukses) menjanjikan atau memberikan uang mempengaruhi pilihan masyarakat. Tapi, Pak Mindo jauh dari politik kotor itu,” kata Pilian dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/4).

Baca juga.. :

Dimana, Dapil Jatim VIII tempat Mindo Sianipar berjuang meyakinkan masyarakat meliputi 6 kabupaten/kota yakni kabupaten Mojokerto, kota Mojokerto, kabupaten Jombang, kabupaten Nganjuk, kota Madiun dan kabupaten Madiun.

Kata Pilian, ketika masa reses maupun saat kampanye, Mindo Sianipar memegang teguh prinsip pemberdayaan (pendidikan politik) masyarakat khususnya petani melalui dialog humanis yang memposisikan masyarakat sebagai subjek.

“Dalam politik uang, masyarakat jadi objek. Sedangkan politik pendidikan, masyarakat jadi subjek,” terangnya.

Lebih lanjut mantan aktivis 98 ini menjelaskan, selama masa kampanye, Mindo Sianipar bersama Tim Sambang Tani (TST) berkeliling dari sawah ke sawah menyampaikan solusi atas permasalahan yang dihadapi para petani termasuk memberikan pupuk cair organik buatan sendiri sembari mengedukasi petani memakai pupuk organik agar hasilnya maksimal.

Tim Sambang Tani (TST) selama 8 bulan berkeliling membagikan pupuk cair KTB kepada petani di 4 kabupaten yaitu Mojokerto, Jombang, Nganjuk dan Madiun.

Di daerah tersebut, TST bisa bertemu dengan para petani di sawah 2 atau 3 kali dalam masa kampanye. Mereka menanyai petani terkait hasil panen dengan pupuk cair KTB (komunitas tumbuh bersama).

“Petani mengaku puas dengan hasil panennya menggunakan pupuk cair KTB,” kata Pilian Hutasoit.

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat petani yang dilakukan Mindo bersama TST dicibir banyak orang. Mereka meragukan langkah yang diambil Mindo tidak akan linier dengan suara yang akan dia peroleh. Bahkan tak sedikit di antara mereka menyarankan Mindo Sianipar untuk melakukan money politik seperti yang dilakukan caleg lainnya.

Meski begitu, Mindo tak goyah dan tetap pada prinsipnya. Hasilnya, Mindo mendapatkan suara tertinggi antara para caleg PDI Perjuangan di dapil Jatim VIII.

“Perolehan suara sementara sudah mencapai 93 ribu dan kemungkinan akan lebih karena masih ada beberapa kecamatan yang belum masuk,” imbuhnya.

Bagi Pilian, apa yang dilakukan Mindo Sianipar menjadi warna tersendiri di tengah arah demokrasi yang semakin menghalalkan money politik.

“Pak Mindo Sianipar menjadi inspirasi bagi kaum milenial dan aktivis yang sudah bergabung dan terjun di kancah perpolitikan Indonesia. Jadi DPR, DPD dan DPRD tidak harus banyak uang apalagi menggunakan politik uang,” demikian Pilian.

 

TAGS : Anggota DPR Mindo Sianipar PDI Perjuangan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/51900/Mindo-Sianipar-Solusi-Para-Petani-Raih-Suara-Tertinggi/