Nama Pejabat Jadi Soal Ujian, Ini Penjelasan Disdik DKI

indopos.co.id – Sempat viral perbincangan di media sosial terkait adanya foto soal ujian sekolah yang mencatut nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Mega. Terkait hal itu, Dinas Pendidikan DKI Jakarta memberikan penjelasan terkait viralnya soal ujian tersebut.

Berdasarkan penelusuran Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta soal ujian itu dibuat untuk menguji kompetensi siswa pada mata pelajaran mengenai pembentukan karakter, integritas, sabar, dan tanggung jawab.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana dalam keterangannya, menjelaskan Dinas Pendidikan tidak pernah mengimbau kepada guru di sekolah untuk membuat soal ujian sekolah dengan menyebutkan nama pejabat publik tertentu. Dan telah mengarahkan guru yang membuat soal ujian sekolah tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi.

“Karena, hal tersebut berpotensi menjadi unsur pelanggaran netralitas terhadap posisi ASN,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (12/12/2020).

Lebih lanjut, Nahdiana mengatakan terkait adanya nama yang digunakan dalam soal itu tidak dimaksudkan untuk mendukung atau pun mencemarkan nama pejabat publik. Guru pembuat soal pun dipastikan telah mendapatkan teguran dan diimbau tidak mengulangi perbuatannya.(dai/ant)

Credit: Source link