Nekat, 2 WNA dari Rumania Curi Uang ATM dengan Alat Ini

by

in
Nekat, 2 WNA dari Rumania Curi Uang ATM dengan Alat Ini

Tersangka Kristea yang diamankan pihak kepolisian. (Foto :Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Polda Metro Jaya menangkap 2 orang warga negara asing asal Romania yang terbukti melakukan pencurian di mesin ATM menggunakan teknik skiming. Satu tersangka ditembak mati akibat melakukan perlawanan.

“Berawal dari laporan bank melaporkan ada 17 nasabah komplen. 17 nasabah komplen ke bank bahwa dia tidak bertransaksi kenapa, saya ditagih,” cerita Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Setelah dilakukan penelusuran, polisi menangkap 2 tersangka bernama Solomes dan Kristea saat akan beraksi di ATM daerah Kemang, Jakarta Selatan pada 9 November 2019. Kedua tersangka melakukan aksinya dengan memasang spycam dan deep skimmer di mesin-mesin ATM untuk mengcopy kartu dan merekam pasword calon korbannya sebelum kedua tersangka menguras habis uang di rekening korbannya.

Nekat, 2 WNA dari Rumania Curi Uang ATM dengan Alat Ini

“Ini namanya deep skimmer dan spycam. Kemudian pelaku itu setelah kita tangkap dan periksa memang benar dia sudah lakukan beberapa lokasi di Jakarta, mengambil data caranya ada ATM kemudian alat ini dipasang di mulut ATM dan saat kartu masuk itu terekam,” ujar Argo.

Baca juga.. :

“Ya biasa nasabah tetap ngambil uang tapi nggak sadar ini ada kamera namanya spycam itu, kecil sekali ini bisa lihat tangan teken pasword atau pin,” sambungnya.

Dari pengakuan tersangka kepada polisi, keduanya sudah menaruh dua alat itu di berbagai mesin ATM seperti di wilayah Kalimalang, Otista, Cideng dan Tomang. Keuntungan melakukan hal kejahatan tersebut mencapai ratusan juta rupiah.

Nekat, 2 WNA dari Rumania Curi Uang ATM dengan Alat Ini

“Jadi ada transaksi yang sudah dia kumpulkan sebesar Rp 137 juta di rekening penampungan di situ,” ucap Argo.

Sementara, Dua warga negara asing itu baru tinggal di Indonesia selama 1,5 bulan. Mereka menggunakan visa untuk liburan selama berada di Indonesia. Saat kedua tersangka disuruh menunjukan ATM mana saja yang sudah dipasang alat tersebut. Tersangka mencoba melawan penyidik dengan cara mengambil senjata api milik petugas. Polisi akhirnya menembak tersangka Solomes hingga akhirnya tersangka dinyatakan tewas.

TAGS : WNA Rumania Curi Uang ATM Tembak Mati

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/62291/Nekat-2-WNA-dari-Rumania-Curi-Uang-ATM-dengan-Alat-Ini/