Nikmati Pasta Sagu yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

JawaPos.com – Sagu sudah lama dikenal sejak dulu sebagai makanan pokok wilayah Timur Indonesia. Papua yang kini sedang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) juga memperkenalkan makanan atau kuliner khas sagu dalam bentuk kekinian, yakni berupa mi dan pasta. Sagu rupanya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Duta Sagu Indonesia, Jenny Widjaja memberi oleh-oleh berupa kuliner kekinian dari tanah Papua bersama Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono bersama Sagolicious. Pusat kuliner yang berada di PapuaItu, itu menyediakan kuliner berbahan utama sagu.

Menurut Food and Agricuture Organization, per 100 gram sagu mengandung kalori : 332, protein: kurang dari 1 gram, Lemak : kurang dari 1 gram, Karbohidrat: 83 gram, Serat: kurang dari 1 gram, dan Zinc : 11 persen dari Reference Daily Intake (RDI). Selain zinc, sagu juga rendah vitamin dan mineral. Ini membuatnya secara nutrisi lebih rendah daripada banyak jenis tepung seperti gandum utuh atau soba, yang biasanya mengandung lebih banyak nutrisi, seperti protein dan vitamin B.

“Sagu juga dikenal sebagai penangkal radikal bebas, sumber pati resisten yang baik, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kinerja saat olahraga, menambah berat badan, menurunkan tekanan darah, dan sebagainya,” kata Jenny secara virtual kepada wartawan, Kamis (7/10).

Menurutnya pati resisten yang baik untuk pencernaan dimana menjadi sumber-sumber bakteri baik dalam usus. Sagu juga memberikan banyak energi, mencegah penyakit jantung, memperlancar sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan tulang dan sendi serta meningkatkan performa tubuh saat berolahraga.

Menurut Jenny, Papua kaya dengan hamparan sagu sejauh mata memandang. Para penduduk mengolah sagu dengan mencuci. Batang pohon ini ditebang sampai keluar tepungnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link