Nilai Pasar Apple Kalahkan ExxonMobil, Disney dan 8 Perusahaan Lainnya

JawaPos.com – Perusahaan multinasional Amerika, Apple, berjalan cukup baik di sebagian besar bisnisnya. Untuk pengguna non-Apple, Apple dikenal karena satu hal, mahal. Namun, sejujurnya, produk Apple tidak hanya mahal, tetapi juga kualitasnya cukup tinggi.

Selama beberapa tahun terakhir, Apple mampu merebut hati banyak pelanggan setianya. Sebagian besar pelanggan Apple sangat setia kepada perusahaan dan mereka percaya bahwa perangkatnya adalah yang terbaik.

Ada juga yang membeli produk Apple karena “gengsi”. Dengan ini, perusahaan menghasilkan banyak uang. Hal ini dibuktikan dengan laporan World Of Statistics, sebuah firma riset pasar yang membuat klaim yang sangat besar di salah satu tweet terbarunya.

Menurut perusahaan, kapitalisasi pasar Apple telah melampaui kapitalisasi pasar gabungan dari 11 perusahaan “blue-chip” dunia termasuk Coca-Cola dan Nike.

Ke-11 perusahaan itu termasuk Coca-Cola Company, Starbucks Corporation, Nike, Wal-Mart, Exxon Mobil Corporation, AT&T Corporation, Visa, Inc, The Walt Disney Company, McDonald, Ford Motor Company, dan Netflix, Inc.

World Of Statistics didirikan pada tahun 2013 dan diprakarsai oleh acara International Year of Statistics (Statistics2013). Ini adalah jaringan global yang terdiri dari hampir 2.360 organisasi di seluruh dunia.

Dilansir via Gizchina perusahaan Coca-Cola disebut memiliki nilai sebesar USD 259,82 miliar atau berkisar Rp 3,8 kuadriliun. Sementara Starbucks Corporation dikabarkan memiliki nilai sebesar USD 120,57 miliar atau berkisar Rp 1,8 kuadriliun.

Nike dan Wal-Mart masing-masing memiliki nilai pasar sebesar USD 196,33 miliar dan USD 379,01 miliar atau berkisar Rp 2,9 kuadriliun dan Rp 5,6 kuadriliun. Kemudian ada perusahaan Exxon Mobil USD 466,81 miliar, AT&T USD 137,05 miliar, Visa, Inc USD 475 miliar, Walt Disney USD 188,71 miliar, McDonald’s USD 196,71 miliar, Ford Motor Company USD 49,85 miliar dan Netflix, Inc. sebesar USD 152,42 miliar.

Semua kecuali empat dari perusahaan ini merupakan komponen inti dari Dow Jones Industrial Average, yang terdiri dari 30 saham unggulan yang mewakili industri utama. Kapitalisasi pasar gabungan dari perusahaan-perusahaan tersebut saat ini adalah USD 2,62 triliun atau berkisar Rp 39 kuadriliun lebih.

Sementara Apple saat ini dikabarkan bernilai USD 2,18 triliun atau berkisar Rp 32 kuadriliun lebih. Namun demikian, kendati secara angka terdengar fantastis, tidak jelas bagaimana The World Of Statistics mencapai angka-angka tersebut.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto


Credit: Source link