Pakar Telematika Sebut Video Rekaman CCTV Lesti Kejora Sudah Diedit

Pakar Telematika Sebut Video Rekaman CCTV Lesti Kejora Sudah Diedit

JawaPos.com-Pakar Telematika, Abimanyu Wachjoewidajat, menyatakan bahwa video rekaman kamera CCTV yang beredar luas di media sosial memperlihatkan Lesti Kejora sedang baik-baik saja pada tanggal 28 September 2022 pukul 11.15 WIB atau pada hari dimana Lesti diduga mengalami KDRT dari suaminya Rizky Billar, dipastikan sudah diedit.

Hal itu terlihat dari penempatan jam dan tanggal yang dianggap tidak lumrah untuk ukuran kamera CCTV. Dalam video CCTV yang beredar, terlihat penempatan tanggal berada di bagian tengah atas dan posisinya cukup mencolok.Video rekaman kamera CCTV itu kemungkinan besar diambil bukan pada tanggal 28 September pukul 11.15 WIB.

“Yang masih mungkin adalah pengeditan tanggal dan jam. Tapi itu nanti bisa dipastikan apabila diberikan kewenangan untuk memeriksa CCTV-nya,” kata Abimanyu kepada JawaPos.com, Selasa (11/10).

Selain itu, kamera CCTV yang beredar terlihat sudah di-zoom. Rekaman video CCTV yang beredar tidak lagi memperlihatkan wide angle. Padahal seharusnya kamera CCTV memperlihatkan rekaman video dengan angle luas mengingat gunanya untuk memantau berbagai sudut lokasi.

Sekalipun sudah diedit, Abimanyu melihat beredarnya CCTV Lesti tidak sampai menghilangkan barang bukti. Abimanyu juga menduga beredarnya CCTV yang sudah diedit tidak akan mempersulit proses penyelidikan atau penyidikan yang sedang dilakukan penyidik Polres Metro Jakarta Selatan. Sebab penyidik sudah mengantongi rekaman CCTV aslinya.

“Berbeda dengan kasus Sambo, pada kasus ini belum kelihatan indikasi adanya upaya penghilangan barang bukti, hanya keanehan saja dalam mengungkapkan CCTV,” tutur Abimanyu.

“Misalkan kenapa yang disebarkan mengenai kejadian tanggal 28, dimana rekaman CCTV juga tetap ada. Seharusnya bisa lebih menunjukkan mengenai apa yang terjadi.  Minimal kelihatan saat keduanya masuk kamar sebelum ada KDRT kemudian keluar kamar sesudah KDRT dan lain-lain,” imbuhnya.

Rekaman CCTV yang memperlihatkan Lesti terlihat baik-baik saja beredar luas di sejumlah platform media sosial. Salah satu akun yang turut mengunggahnya adalah akun Instagram @virus.leslar.

Dalam rekaman CCTV yang beredar, tampak Lesti bisa menggendong buah hatinya saat sedang berada di lantai atas rumah. Tidak lama kemudian seorang perempuan naik tangga dan lantas mengambil anaknya, baby L.Tak lama setelah itu Lesti kemudian masuk ke dalam kamar. Rekaman CCTV juga memperlihatkan Lesti keluar rumah menuju mobil dan bisa menyetir sendiri.

Proses editing video itu juga terlihat lantaran tidak menampilkan Lesti saat keluar dari dalam kamar menuju mobil. Video rekaman CCTV hanya memperlihatkan Lesti sudah berada di halaman rumah menuju mobil yang sudah terparkir di jalan tepat di depan pagar rumah. (*)

 

 

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Abdul Rahman


Credit: Source link

Related Articles