Pakta Non Agresi Tingkatkan Kepercayaan Negara Teluk Persia

by

in
Pakta Non Agresi Tingkatkan Kepercayaan Negara Teluk Persia

Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araqchi (Foto: Majid Hagdoist)

Teheran, Jurnas.com – Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Politik Abbas Araqchi, mengatakan, dialog dengan negara-negara kawasan merupakan prioritas bagi Teheran.

Ia mengatakan, penandatanganan pakta non-agresi – yang diinisiasi Iran – dapat meningkatkan kepercayaan di antara negara-negara pesisir Teluk Persia.



Araqchi, yang melakukan tur tiga negara di negara-negara regional, membuat pernyataan itu saat bertemu Wakil Perdana Menteri Qatar dan Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani di Doha, Selasa (28/5).

“Negara-negara tetangga dapat membuka jalan untuk membangun kepercayaan dan interaksi konstruktif melalui mekanisme seperti pembentukan forum dialog regional di Teluk Persia dan kesimpulan dari perjanjian non-agresi,” katanya.

Baca juga :

Pernyataan itu disampaikan setelah Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, mengatakan Iran mengusulkan menandatangani perjanjian non-agresi dengan semua negara di wilayah Teluk Persia dan tawaran itu masih di atas meja.

Zarif juga mengatakan, Iran mencari yang terbaik dari hubungan dengan negara-negara pesisir Teluk Persia dan akan menyambut setiap proposal untuk dialog dan de-eskalasi ke arah itu.

Menteri luar negeri Iran pada tahun 2017 menyerukan pembentukan forum dialog regional untuk negara-negara pesisir Teluk Persia dalam upaya untuk memulihkan perdamaian dan stabilitas di wilayah tersebut.

Lebih lanjut Araqchi mengatakan, keamanan penuh akan dibangun di kawasan itu jika keamanan nasional dan kepentingan ekonomi semua negara terpenuhi.

“Iran selalu memainkan peran dalam mengamankan kawasan itu, tetapi AS dan rezim Zionis (Israel) dan negara-negara yang mengikuti jejak mereka harus menerima tanggung jawab atas konsekuensi dari provokasi mereka,” jelasnya.

Araqchi sekali lagi mengesampingkan kemungkinan mengadakan negosiasi dengan AS dan mengatakan Republik Islam memberikan prioritas untuk dialog dengan negara-negara regional.

Sementara itu, diplomat Qatar terkemuka menyatakan keprihatinan atas perkembangan yang terjadi di wilayah tersebut.

Ia juga menyambut konsultasi Teheran-Doha serta pertukaran kunjungan oleh pejabat senior kedua negara tentang masalah ini.

Perjalanan Araqchi ke Doha mengikuti kunjungan menteri luar negeri Qatar ke ibukota Iran, Teheran, awal bulan ini, yang dimaksudkan untuk membantu meredakan ketegangan di wilayah Teluk Persia.

Sebelum tiba di Doha, Araqchi terlebih dahulu berkunjung ke Oman pada akhir pekan. Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Oman untuk Urusan Luar Negeri, Yusuf bin Alawi bin Abdullah di Muscat, ia menolak semua laporan tentang segala bentuk pembicaraan langsung atau tidak langsung dengan AS.

TAGS : Pakta Non Agresi Teluk Persia Amerika Serikat Israel

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/53472/Pakta-Non-Agresi-Tingkatkan-Kepercayaan-Negara-Teluk-Persia/