Pakuwon Siapkan Capex Rp 2,8 Triliun Tahun 2022

JawaPos.com – PT Pakuwon Jati Tbk menyiapkan belanja modal (capital expenditure) senilai Rp 2,8 triliun untuk mendukung ekspansinya tahun ini. Dari total dana yang disiapkan, sebesar Rp 1 triliun disiapkan untuk renovasi dan kontruksi proyek properti di Jogjakarta dan Solo. Sisanya sebesar Rp 1,8 trilun disiapkan untuk rencana pembelian lahan baru, pembiayaan sejumlah proyeknya.

“Capex telah yang telah digunakan mencapai Rp 165 miliar untuk pengembangan proyek di Bekasi,” ujar Direktur Keuangan Pakuwon Jati, Basuki Minarto dalam paparan publik di Jakarta, Selasa (5/7).

Tahun ini, Pawukon berharap bisa membukukan marketing sales sebesar Rp 1,8 triliun, tumbuh sekitar 25 persen dibanding realiasi marketing sales 2021 yang mencapai Rp 1,43 triliun. Hingga kuartal I 2022, marketing sales perseroan mencapai Rp 380 miliar. “Perolehan kuartal I, sepetti biasa masih kecil, nanti akan tumbuh signifikan pada akhir tahun,” kata Direktur Opesional Pakuwon Jati, Ivy Wong.

Terkait dengan kekhawatiran kenaikan suku bunga, Ivy optimis tidak mempengaruhi targe-target yang telah ditetapkan perusahaan. “Tingkat bunga saat ini sangat rendah, cukup bagus untuk investasi di sektor properti,” katanya.

Dia menyebutkan, bahwa 65 konsumen membeli dengan memanfaatkan pinjaman perbankan. Sisanya 30 persen pembelan dilakukan secara cash bertahap dan 5 persen secara tunai.

Ivy menyebut Pakuwon saat ini mengelola land banking seluas 465 hektare yang terbesar di Surabaya Barat, Surabaya Timur dan Jakarta. “Lahan itu masih cukup untuk pengembangan 10 tahun ke depan, disamping kita terus melakukan pembelian lahan baru,” katanya.

Editor : Mohamad Nur Asikin


Credit: Source link