PanaOil kenalkan empat pelumas untuk sepeda motor di iklim tropis

Jakarta (ANTARA) – PT Pana Oil Indonesia (PanaOil) merilis empat pelumas khusus untuk sepeda motor yang digunakan di daerah tropis, seperti Indonesia, agar mesin dapat bekerja optimal dalam kondisi lingkungan yang panas.

Kondisi jalanan di wilayah tropis membuat mesin sepeda motor bekerja lebih keras karena kondisi yang panas, dan membutuhkan pelumas yang mampu mereduksi gesekan, meredam panas berlebihan dan meminimalisir getaran serta suara bising karena gesekan komponen mesin.

Baca juga: Oli XDEM diuji coba pada kendaraan ojol hingga 6.000 km

“Kami dari PT Pana Oil Indonesia menyadari sepenuhnya bahwa kegiatan bermotor di Indonesia sudah merupakan bagian penting dalam mobilitas warga sehari-hari, termasuk mencari nafkah,” kata Ben Ungerer, National Sales Manager of B2C PanaOIL dalam siaran pers, Rabu.

“Mereka butuh penunjang kegiatan berkendara secara maksimal seperti oli atau pelumas supaya terhindar dari kondisi panas mesin berlebih, berisiknya suara komponen mesin saat bekerja, hingga ke soal motor yang mogok,” jelas Ben.

Adapun empat produk PanaOIL SP5 yang dirilis adalah SP5 Matic 10W30 API SJ JASO MB, SP5 Matic 10W40 API SJ JASO MB, SP5 Manual 10W40 API SJ JASO MA2 dan SP5 Manual 20W50 API SJ JASO MA2.

Strategic Director of PanaOIL, Raymond Widjaja mengatakan bahwa pelumas itu dikembangkan melalui riset tentang kebiasaan pengguna motor di Indonesia. Mereka juga menggandeng PT Nusaraya Putra Mandiri sebagai Lube Oil Blending Plant swasta.

“PT Nusaraya Putra Mandiri menjalin kerja sama dengan laboratorium internasional terakreditasi, termasuk untuk menentukan standarisasi JASO (Japan Automotive Standard Organization) yang kita aplikasikan di PanaOIL SP5,“ urai Raymond.

Ia menjelaskan, standarisasi JASO merinci kebutuhan formula pelumas mesin motor secara spesifik. Diluncurkannya JASO T903 tahun 1998 secara resmi telah menjadikan JASO menjadi standar global oli kendaraan bermesin 4-tak. Sedangkan JASO MB adalah spesifikasi pelumas untuk mesin skutik, dan JASO MA2 merupakan spesifikasi tertinggi atas pelumas untuk mesin motor dengan kopling basah.

PanaOIL SP5 mengandung formula “Engine Power Protection Technology” sebagai perlindungan komponen mesin dari potensi erosi atau aus akibat proses mekanis serta kimiawi selama mesin bekerja. Ukuran kemasan PanaOil SP5 0,8 liter juga disediakan mengacu pada kebiasaan konsumen lokal.

Baca juga: Mahasiswa UMM rancang alat pendeteksi kelayakan oli kendaraan

Baca juga: Pelumas Mobil Lubricants berstandar API SP sasar mobil keluaran baru

Baca juga: Besok kerja, ini daftar komponen mobil yang diperiksa usai liburan

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021

Credit: Source link