Panasonic akan mulai bangun pabrik baterai di Kansas bulan depan

Jakarta (ANTARA) – Panasonic Holdings Corp akan mulai membangun pabrik baterai baru di Kansas pada bulan November dan bertujuan untuk memulai produksi massal pada Maret 2025, menargetkan pasar Amerika Utara yang tumbuh cepat untuk kendaraan listrik.

Perusahaan mengatakan pada bulan Juli telah memilih Kansas sebagai lokasi pabrik baru untuk memasok baterai terutama ke Tesla Inc, bergabung dengan produsen baterai lain yang merencanakan investasi besar-besaran di AS untuk memenuhi syarat aturan kredit pajak kendaraan listrik baru dan untuk memanfaatkan potensi permintaan pasar yang sangat besar.

Panasonic mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka mengharapkan kapasitas produksi awal 30 gigawatt jam per tahun di pabrik baru. Itu setara dengan sekitar 60 persen dari kapasitas produksi baterai kendaraan listrik tahunan perusahaan saat ini di Jepang dan Amerika Serikat.

Pejabat negara bagian Kansas mengatakan pada bulan Juli pabrik tersebut akan menciptakan hingga 4.000 pekerjaan dengan investasi hingga 4 miliar dollar AS, menunggu persetujuan akhir oleh dewan Panasonic, yang datang pada hari Senin.

Hirokazu Umeda, chief financial officer Panasonic Holdings Group, menolak memberikan angka spesifik untuk investasi tersebut pada briefing pendapatan pada Senin, tetapi mengatakan sebagai perkiraan kasar bahwa itu akan dalam skala lebih dari 4 miliar dollar AS.

Perusahaan mengatakan pabrik akan memproduksi sel baterai lithium-ion model 2170, yang sudah dipasok ke Tesla, tetapi pada akhirnya dapat membuat baterai format 4680 yang lebih canggih saat ini dalam pengembangan yang sekitar lima kali lebih besar dan akan menawarkan peningkatan besar dalam biaya dan jangkauan kendaraan.

“Kami memutuskan untuk memulai dengan model 2170, yang dapat diluncurkan dengan rasa pasti dan kecepatan karena kebutuhan baterai sesegera mungkin,” kata Umeda.

Panasonic telah mengatakan akan memulai produksi massal model 4680 di pabriknya di Wakayama, di Jepang barat, pada akhir Maret 2024, dengan ekspansi kemudian ke produksi di Amerika Utara.

Umeda mengatakan peningkatan produksi massal berjalan sesuai rencana, demikian seperti disiarkan Reuters, Senin (31/10).

Baca juga: Perusahaan baterai Toyota-Panasonic beli lithium dari ioneer

Baca juga: Produksi baterai Tesla, Panasonic siapkan pabrik baterai besar di AS

Baca juga: Panasonic akan produksi baterai “Tesla 4680”

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link