Pasien Covid-19 Wisma Atlet Didominasi Klaster Keluarga dan Mudik

Pasien Covid-19 Wisma Atlet Didominasi Klaster Keluarga dan Mudik

JawaPos.com – Klaster Covid-19 pasca libur Hari Raya Idul Fitri 2021 mulai bermunculan. Petugas di lapangan bertahap menemukan warga reaktif Covid-19 setelah mudik berdasarkan swab antigen. Hasil pemeriksaan PCR juga banyak yang mengkonfirmasi positif.

Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Mayjen TNI Tugas Ratmono mengatakan, dalam sepekan terakhir ada kenaikan pasien Covid-19 di wilayahnya. Hasil penelusuran mendapati penambahan pasien ini berasal dari klaster keluarga.

“Klaster yang masuk ke Wisma Atlet ini yang terbanyak adalah klaster keluarga,” kata Tugas, Selasa (25/5).

Kemunculan klaster keluarga ini diduga disebabkan karena kendornya protokol kesehatan di lingkup keluarga. Terutama saat terjadi pertemuan. Sehingga potensi penularan meningkat.

Selain itu, operasi penyekatan arus balik juga banyak menemukan pemudik reaktif Covid-19. Akibatnya, klaster pemudik ini juga mendominasi pasien RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Tentunya ini arus mudik. Dari ceck point pemeriksaan dilaporkan di sana ada yang positif dari antigen. Ini memberi kontribusi peningkatan kasus di Wisma Atlet. Mereka yang antigen positif kita tes PCR di sini, dan sebagian besar adalah positif,” jelas Tugas.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan


Credit: Source link

Related Articles