PBB: Krisis Makanan di Suriah Kian Memburuk

by

in
PBB: Krisis Makanan di Suriah Kian Memburuk

Anggota Pertahanan Sipil Suriah (Helm Putih) mendisinfeksi bangunan dan tenda tempat keluarga tinggal bersama sebagai tindakan pencegahan terhadap pandemi coronavirus (Covid-19) di Idlib, Suriah pada 24 Maret 2020 [Muhammed Said – Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com – PBB mengumkan bahwa Suriah menghadapi krisis kelaparan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan lebih dari 9,3 juta orang kekurangan makanan sementara wabah koronavirus negara itu, meskipun tampaknya dikendalikan untuk saat ini tapi tetap bisa lebih parah.

Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan pada sebuah pengarahan di Jenewa bahwa jumlah orang yang kekurangan bahan makanan pokok telah meningkat sebesar 1,4 juta dalam enam bulan terakhir.

Dilansir Middleeast, harga makanan juga telah melonjak lebih dari 200% dalam waktu kurang dari satu tahun karena jatuhnya ekonomi tetangga Libanon dan langkah-langkah pembatasan COVID-19 di Suriah, kata jurubicara WFP Elisabeth Byrs.

Setelah sembilan tahun konflik bersenjata, lebih dari 90% populasi Suriah hidup di bawah garis kemiskinan $ 2 per hari dan kebutuhan kemanusiaan meningkat, Akjemal Magtymova, Perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Suriah, mengatakan pada pengarahan terpisah.

Kurang dari separuh rumah sakit umum Suriah berfungsi, sementara separuh dari tenaga medis telah melarikan diri sejak konflik dimulai, katanya, dengan yang tersisa menghadapi “ancaman yang luas dari penculikan dan pembunuhan yang ditargetkan”.

Baca juga.. :

Pihak berwenang telah melaporkan 248 infeksi coronavirus, termasuk 9 kematian di daerah yang dikuasai pemerintah, sementara 5 kasus lebih lanjut dan satu kematian telah dicatat oleh pemerintah yang dipimpin Kurdi di timur laut, menurut angka WHO.

“Angka-angka resmi mewakili kemungkinan meremehkan angka sebenarnya, dan itu sama sekali tidak unik bagi Suriah,” kata Richard Brennan, direktur darurat regional WHO.

Setelah awal yang lambat, wabah COVID-19 di Irak, Mesir dan Turki dipercepat dan hal yang sama diperkirakan terjadi di Suriah, katanya.

“Apa yang kami tahu di Suriah adalah Anda tidak memiliki wabah eksplosif, Anda tidak bisa menutupi, Anda tidak bisa melewatkan wabah ledakan. Fasilitas kesehatan tidak kewalahan, jadi inilah sebabnya kami masih memiliki kesempatan untuk meningkatkan kesiapsiagaan kami untuk menumpulkan dan memitigasi wabah terburuk, ”kata Brennan.

Tidak ada infeksi yang dilaporkan terjadi di barat laut yang dikuasai pemberontak, katanya. Tetapi wilayah berpenduduk padat hanya memiliki satu laboratorium fungsional dan risiko penyebaran virus corona baru dengan cepat tinggi, tambahnya.

TAGS : Lembaga PBB Krisis Makanan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74451/PBB-Krisis-Makanan-di-Suriah-Kian-Memburuk/