Pegadaian Gelar Pelatihan UMKM untuk Mendukung Pemberdayaan Perempuan

Pegadaian Gelar Pelatihan UMKM untuk Mendukung Pemberdayaan Perempuan

JawaPos.com- Dalam rangka memperingati hari ibu yang jatuh pada 22 Desember, PT Pegadaian mengadakan pelatihan UMKM khusus kaum perempuan bertajuk “Mompreneur! Ibu Berkarya, Ibu Berdaya” yang digelar di kota Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Pelatihan ini disambut antusias oleh para pengusaha perempuan. Pasalnya, mereka mendapat literasi tentang bagaimana mengembangkan ide dan inspirasi bisnis dari rumah, strategi pemasaran dan branding. Selain itu mereka juga pencatatan keuangan sederhana dan langkah-langkah mendaftarkan usaha oleh para ahli di bidangnya. Minat masyarakat Bandung cukup tinggi untuk mengikuti acara ini, terbukti dari jumlah pendaftar yang melebihi kuota yang disediakan.

Acara yang dihadiri lebih dari 200 pelaku UMKM di kota Bandung ini juga dihadiri oleh Ibu Yunimar Mulyana, ketua Dekranasda Bandung serta perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM kota Bandung.

“Hari Ibu menjadi momen bagi kaum perempuan untuk menjadi ibu yang berdaya (empowering mom). Dengan menambah pengetahuan dan keterampilan khususnya bagi ibu-ibu pelaku usaha. Kami berharap program ini membantu mereka untuk semakin berdaya dan berkarya dari rumah. Hal ini sesuai dengan tema hari Ibu 2022 yang dicanangkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak yaitu Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” ujar Elvi Rofiqotul Hidayah, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian.

Sesuai dengan komitmen yang dijalankan oleh Pegadaian, perusahaan sangat concern untuk membantu para pelaku UMKM untuk dapat berkembang dan naik kelas. Komitmen tersebut diwujudkan melalui produk pembiayaan yang dapat dimanfaatkan, di antaranya seperti Gadai Emas, Gadai Elektronik, Gadai BPKB, Pinjaman Modal Produktif, dan Pegadaian sebagai agent dari Pemerintah untuk menyalurkan produk KUR syariah. Bahkan baru-baru ini Pegadaian kembali memberikan layanan Gadai Peduli, yaitu gadai bebas bunga dengan maksimal dana pinjaman sebesar Rp 2,5 juta untuk membantu ekonomi bangkit kembali.

“Di momen ini, kami juga ingin menyampaikan kepada ibu-ibu pelaku usaha bahwa tidak perlu khawatir terkait permodalan, karena para pelaku UMKM khusunya para ibu yang ingin memulai usaha dapat mengubungi Pegadaian”, pungkas Elvi.

Hadirnya acara ini juga membuktikan komitmen Pegadaian mendukung Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian salah satunya adalah membantu pelaku UMKM agar selalu tumbuh dan berkembang. Hal ini sejalan dengan semangat BUMN untuk Indonesia.

PT Pegadaian juga menghimbau nasabah untuk berhati-hati terhadap penipuan berkedok hadiah dan lelang online yang mengatasnamakan Pegadaian. Informasi terkait produk dan promo lebih lanjut dapat diakses melalui website resmi Pegadaian, akun sosial media @sahabatpegadaian dan @pegadaian_id serta call center Pegadaian di 1500 569.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM, R. Nurul Fitriana Putri


Credit: Source link

Related Articles