Pelabuhan Tanjung Wangi Siap Antisipasi Lonjakan Penumpang Lebaran 1440 H/2019

by

in
Pelabuhan Tanjung Wangi Siap Antisipasi Lonjakan Penumpang Lebaran 1440 H/2019

Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Banyuwangi, Jurnas.com – Mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa angkutan laut lebaran 1440 H/2019, Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur, dinyatakan tekah siap.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo saat mengunjungi sejumlah pelabuhan di Jawa Timur, Sabtu (18/5/2019).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Dirjen Agus Purnomo mengatakan sejumlah pelabuhan di Jawa Timur seperti Pelabuhan Tanjung Wangi, Ketapang dan Jangkar menjadi  pelabuhan tersibuk yang menangani penumpang khususnya bagi para pemudik di wilayah Jawa Timur.

Menurut Dirjen Agus, di wilayah  Banyuwangi sendiri terdapat dua lokasi destinasi arus mudik yang cukup sibuk yaitu pelabuhan Tanjung Wangi yang melayani arus mudik dari wilayah Banyuwangi tujuan Sapeken Madura, dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang yang melayani penyeberangan Ketapang – Gilimanuk.

Sedangkan Pelabuhan Jangkar yang merupakan wilayah kerja dari Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kalbut melayani penumpang Jangkar -Sapudi – Kalianget.

“Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi, Ditjen Hubla akan mengoptimalkan armada kapal perintis, sedangkan untuk penyeberangan Ketapang – Gilimanuk akan dilayani oleh  sejumlah kapal Feri Ro-Ro,” kata Agus.

Menurutnya, saat ini sudah ada 2 kapal perintis yang melayani arus penumpang dari Tanjung Wangi tujuan Sapeken Madura yaitu KM. Sabuk Nusantara-92 dan KM. Sabuk Nusantara-115. Sedangkan untuk penyeberangan Ketapang-Gilimanuk akan dilayani oleh 56 unit kapal Ferry Ro-Ro yang siap melayani calon penumpang mudik.

Sementara untuk penyeberangan  Pelabuhan Jangkar – Kalianget – Sapudi dilayani oleh 2 kapal yaitu KMP Dharma Kartika dan KMP Satya Kencana.

Ditjen Hubla juga akan menyiapkan kapal cadangan dengan menambah armada kapal perintis untuk rute Tanjung Wangi – Sapeken dengan menggunakan kapal perintis apabila sewaktu-waktu terjadi penumpukan penumpang,” kata Agus Purnomo.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tanjung Wangi, Agus Winartono mengatakan bahwa guna menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran seluruh kapal yang akan digunakan untuk melayani angkutan laut lebaran di Pelabuhan Banyu Wangi telah dilakukan uji petik kelaiklautan kapal penumpang.

“Pengecekan ini dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan kelaikan kapal, antara lain pengecekan terhadap alat keselamatan kapal, pengawakan, peralatan navigasi kapal dan dokumen kapal. Pemeriksaan kapal ini khusus kapal angkutan penumpang yang digunakan sebagai angkutan laut lebaran,” kata Agus Winartono.



TAGS : Ditjen Hubla Pelabuhan Tanjung Wangi Lebaran 1440 H/2019

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/52851/Pelabuhan-Tanjung-Wangi-Siap-Antisipasi-Lonjakan-Penumpang-Lebaran-1440-H-2019/