Penangkapan Penjual Senjata Penyerang Mabes Polri Dinilai Keliru

by

in

JawaPos.com – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri menangkap penjual pistol berjenis air soft gun kepada terduga teroris yang menyerang Mabes Polri pada Rabu (31/3) sore, yakni ZA (25). Adapun, penjual senjata tersebut bernama Muchsin Kamal alias Imam Muda.

Mengenai hal itu, Pengamat Terorisme Al Chaidar menyatakan, dirinya membela Muchsin yang sudah diamankan pada Kamis (1/4) lalu di Banda Aceh. Dia menilai bahwa Muchsin tidak terlibat dalam rencana penyerangan tersebut.

“Saya sangat meyakini bahwa Muchsin Kamal atau biasa dipanggil Imam Muda tidak bersalah dan sama sekali tak terkait dengan peristiwa serangan lone wolf tersebut secara yuridis,” ujar dia kepada JawaPos.com, Minggu (4/4).

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Penjual Airgun yang Digunakan Penyerang Mabes Polri

Chaidar pun membeberkan bahwa yang bersangkutan merupakan seorang saudagar muda yang hebat. Mulai dari perkebunan sawit, dagang air soft gun, jual beli bedil angin, dan perkebunan alpukat.

Bisnis kebun alpukat bahkan sangat sukses dan mampu memperkerjakan banyak eks kombatan GAM (Gerakan Aceh Merdeka) yang tak terayomi oleh program reintegrasi pasca Memorandum of Understanding di Helsinki 2005.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking


Credit: Source link