Pendaftaran SBMPN 2020 Resmi Dibuka

by

in
Pendaftaran SBMPN 2020 Resmi Dibuka

Ilustrasi ujian SBMPN

Jakarta, Jurnas.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) resmi membuka Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020, pada Selasa (19/5) pagi.

SBMPN merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi, khususnya Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah dan Kejar Paket C untuk lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020.

Adapun mekanisme SBMPN tahun ini mengalami perubahan menyusul pandemi virus corona baru (Covid-19). SBMPN tahun ini dilaksanakan melalui seleksi portofolio, dari semula direncanakan melalui skema ujian.

“Tak perlu risau, jalur SBMPN ini tetap akan mengakomodir calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dengan prestasi yang baik sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi yang kini berubah menjadi KIP-Kuliah,” kata Dirjen Vokasi Kemdikbud, Wikan Sakarinto dalam keterangannya.

Baca juga.. :

Pada SBMPN ini ditawarkan prodi Sarjana Terapan (D4) dan prodi D3. Untuk Sarjana Terapan, yang se-level S1, menerapkan komposisi pembelajaran minimal 60 persen praktik dan 40 perse teori, sama halnya dengan prodi D3.

Oleh karena itu, calon mahasiswa disarankan mengetahui minatnya apakah condong ke praktikal dan penerapan ilmu pengetahuan, atau condong ke analisis dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Dari tahun ke tahun jumlah peserta jalur penerimaan ini meningkat. Dan hingga 2019 tercatat sejumlah 42 politeknik yang mengikuti seleksi ini.

Sementara pada 2020 ini, SBMPN yang sebelumnya bernama Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) diikuti pula oleh 42 politeknik negeri se-Indonesia.

TAGS : SBMPN 2020 Kemdikbud Jurusan Vokasi Politeknik

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/72565/Pendaftaran-SBMPN-2020-Resmi-Dibuka/