Pengabdi Setan 2 Diapresiasi Penulis Amerika, Misi Joko Anwar Tercapai

JawaPos.com – Film Pengabdi Setan 2: Communion garapan sutradara Joko Anwar tidak saja mendapat apresiasi dari publik di tanah air usai menonton filmnya. Apresiasi juga datang dari publik luar negeri.

Salah satu yang mengapresiasi Pengabdi Setan 2 adalah penulis cerita horor asal Amerika Serikat kelahiran Chicago, Oliver Schofield. Dia memberikan ulasan positif dengan skor 9,4 dalam review-nya. Oliver menilai film Joko Anwar ini secara kualitas sudah berstandar Hollywood.

Menanggapi ulasan positif datang dari penulis cerita horor dari luar negeri, Joko Anwar menyatakan dirinya sangat bersyukur film garapannya disukai oleh orang-orang dari luar negeri.

“Alhamdulillah ya. Kalau teryata ada pujian dari Amerika dan segala macam ya Alhamdulillah berati sampai keinginan kita untuk membuat film ini dinikmati,” katanya kepada JawaPos.com, Selasa (9/8).

Joko merasa misinya untuk membuat film yang dapat dinikmati semua orang lintas negara tercapai dengan adanya ulasan positif dari publik luar negeri.

“Film ini kan kita buat supaya dapat dinikmati semua orang bukan dari Indonesia saja. Cara berceritanya kan universal, tapi masih ada elemen lokal, hantunya juga hantu Indonesia. Tapi cara bertuturnya kita bikin supaya dari negara mana pun penonton dapat menikmati,” jelasnya.

Dalam akun Medium pribdinya, Oliver Schofield menilai film Pengabdi Setan 2 besutan Joko Anwar sangat baik. Dia menilai film ini menegangkan tapi juga mengasyikkan. Oliver pun memuji Jokan, sapaan Joko Anwar, yang tahu betul bagaimana seharusnya menggarap film horor. Tidak banyak jumpscare tapi ketakutan dibangun secara natural dari dalam film.

“Penyutradaraan Joko Anwar berjalan dengan baik dan efektif, menunjukkan kepada Anda semua apa yang ingin Anda lihat, memberikan teriakan ketakutan yang nyata. Dia tidak menggunakan taktik kejutan yang tidak perlu,” tulis Oliver.

Dia menilai film Pengabdi Setan 2 adalah film paket komplit nyaris sempurna dilihat dari berbagai sisi. Mulai dari skenario, latar musik, storytelling yang jelas, sinematografi, hingga pemilihan para pemain yang bermain dengan sangat baik.

“Ini adalah film horor Indonesia terbaik yang pernah saya lihat, banyak adegan menakutkan dan juga soundtrack film yang bagus yang membuat saya berpikir selama berhari-hari setelah menontonnya,” tulisnya.

Oliver juga mengapresiasi sinematografi yang digarap sangat baik oleh Ical Tanjung. Dia merasa setting tempat dan teknik pengambilan gambar menjadi sestuatu yang menarik di film Pengabdi Setan 2. ” Ini adalah seni kelas Hollywood,” katanya.


Credit: Source link