Penyanyi dan Aktris Puput Novel Kembali Menyapa Penggemar

Penyanyi dan Aktris Puput Novel Kembali Menyapa Penggemar

Di era 70-an, Indonesia punya banyak penyanyi cilik. Salah satunya Putri Zizi Novianti alias Puput Novel. Lahir pada 31 Agustus 1974, Puput sudah masuk studio rekaman saat berumur 3 tahun hingga mendapat julukan Si Anak Ajaib. Saat menjadi penyanyi cilik, Puput melahirkan 28 album. Di masa remaja dan dewasa, ada delapan album. Bakatnya yang serbabisa mengantarkan nama Puput ke puncak kesuksesan di usia muda. Seperti berakting di empat film, tiga sinetron, dan puluhan produk iklan. Namun, kini wajah Puput jarang terlihat di layar kaca. Ke mana dia?

Hai Puput, sekarang jadi makin jarang nih tampil di televisi. Ke mana aja sih?

Sebenarnya karena waktu itu saya sempat tinggal di luar negeri. Kira-kira tahun 2005. Sempat lama sekitar tujuh tahun. Akibatnya, saya meninggalkan itu (dunia entertain, Red) semua. Setelah saya balik ke Indonesia, udah keenakan seperti itu. Tapi, belum lama ini saya tampil lagi kok di beberapa program televisi. Kangen juga, ya…

Berarti sekarang udah balik aktif di industri hiburan?

Ya begitu lah. Sebetulnya itu juga karena di-push keluarga saya. Saya juga mulai aktif di media sosial bikin konten-konten. Seperti live di TikTok tiap Minggu jam 7 pagi dan cover lagu di YouTube. Jadi pengobat rindu saya sama panggung dan penggemar.

Selain mengobati kerinduan, juga jadi kesempatan buat mempertahankan eksistensi?

Betul. Saya tuh main YouTube udah lama, cuma waktu itu masih moody-an gitu. Karena kemarin juga belum peduli dengan itu (eksistensi, Red). Sampai akhirnya keluarga bilang, ’Punya nama besar itu susah ngebangun-nya. Apalagi kamu yang dimulai dari usia 3 tahun. Sayang kalau dilewatkan begitu aja’. Dari situ saya berpikir, benar juga ya.

Bagaimana respons masyarakat? Setelah lama tidak muncul, apakah masih kenal?

Terasa banget ketika saya muncul di media sosial. Jujur, nggak nyangka animo orang-orang masih tinggi. Rupanya mereka juga mencari saya, bikin terharu ternyata saya masih diingat. Itu salah satu yang bikin saya semangat aktif main medsos.

Pernah ada kejadian lucu di tempat umum ketika bertemu penggemar?

Dulu waktu belum aktif di medsos, orang-orang kalau ketemu saya kayak masih ngeduga-duga. Tapi, mereka akhirnya ngeh sama suara saya, yang kalau bicara katanya renyah. Dan dibilang dagu saya yang berlubang jadi salah satu ciri khas. Hahaha…

Dari ratusan lagu yang Puput nyanyikan sejak kecil, mana yang paling berkesan sampai sekarang?

Kau Idolaku. Karena itu lagu pertama saya ketika transisi dari penyanyi cilik ke remaja. Dulu saya butuh waktu untuk penyesuaian atau adaptasi nyanyi lagu yang liriknya cinta-cintaan. Jadi ketawa-ketawa sendiri gitu, malu-malu karena butuh penghayatan kan. Hahaha…

Puput memulai karier sebagai penyanyi cilik, tapi saat dewasa justru album yang dilahirkan berkurang. Kamu malah semakin tenar sebagai bintang iklan dan presenter. Memang saat itu sedang mengeksplorasi bakat atau seperti apa?

Setiap perform, saya selalu diajarkan nggak hanya bernyanyi. Sebagai entertain harus bisa menghibur dengan komunikasi supaya audience terlibat. Secara nggak langsung, itu seperti belajar jadi pembawa acara. Karena setiap show juga temanya beda-beda. Alhamdulillah jadi serbabisa. Bersyukur talent saya dipercaya.

Di luar entertain, apa kesibukan Puput di rumah?

Mengurus kucing. Jadi, halaman rumah saya itu seperti shelter dadakan untuk kucing-kucing jalanan. Sebagian besar saya temukan di jalan dengan kondisi beragam. Ada yang malanutrisi, sakit, dan lainnya. Nggak tega saya kalau lihat kucing jalanan. Bahkan, di rumah saya yang di Cianjur, halamannya juga dipakai buat kucing-kucing.

Infonya, sekarang juga aktif di kegiatan partai?

Iya, betul. Saya di Golkar.

Apa pertimbangan Puput terjun ke dunia politik?

Jadi, dulu saya manggung tuh pindah-pindah daerah. Mulai daerah bagus sampai yang memprihatinkan. Itu bikin saya trenyuh. Saat itu saya memang membantu mereka yang kekurangan, tapi kan sedikit, nggak banyak. Nah, kalau di politik, saya lihat mereka fight untuk menemukan solusi atau kebijakan yang tepat. Dan pastinya akan berimbas besar kepada masyarakat. Berangkat dari situ, saya jadi tertarik.

SEKILAS TENTANG PUPUT

– Punya 30 kucing domestik yang dirawat di rumahnya di Jakarta.

– Pernah rela turun dari mobil demi menyelamatkan kitten di tengah jalan tol.

– Penakut, tapi sering ketemu penampakan hantu berwujud manusia.

– Ketika kenal orang, sering banget ingat muka, tapi lupa namanya.

– Mengidolakan Lionel Richie, Michael Jackson, dan Whitney Houston.


Credit: Source link

Related Articles