Per Hari, 10 Ribu Warga Konsultasi Jarak Jauh

indopos.co.id – Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyambut baik layanan kesehatan digital yang membuat masyarakat bisa berkonsultasi dengan dokter dari mana saja. “Teknologi bisa mempermudah akses di bidang kesehatan,” ujar dia di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Dia mengingatkan masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Seperti, mencuci tangan secara teratur, memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain. Sehingga bisa menekan risiko penyebaran Virus Corona.

Layanan telemedicine alias konsultasi kesehatan jarak jauh semakin digemari di tengah pandemi yang membuat ruang gerak terbatas.

Danu Wicaksana, managing director Good Doctor Technology Indonesia mengatakan, ada jumlah konsultasi kesehatan jarak jauh melonjak drastis setelah pandemi.

Pada Maret 2020, kenaikan hingga sepuluh kali lipat. Angka ini sempat turun pada Juni. Lalu, meningkat lagi mulai Agustus. “Dalam sehari, konsultasi bisa lebih dari 10.000 se-Indonesia,” kata Danu.

Sekitar sepertiga permintaan konsultasi berasal dari pengguna di DKI Jakarta. Gejala yang ditanyakan bervariasi, mulai dari kesehatan umum hingga khusus, seperti kesehatan kulit, anak juga ibu hamil.

Pemprov DKI Jakarta dan Good Doctor meluncurkan program “PSBB OK!” atau “Promo Special BeBas Ongkos Kirim!” yang ditujukan bagi masyarakat DKI. Sehingga, dapat tetap tinggal di rumah untuk mendapatkan produk kesehatan yang dibutuhkan. Bekerja sama dengan 550 apotek di DKI Jakarta selama satu bulan. (rul)

Credit: Source link