Perempuan Pedagang Mikro Berperan Penting dalam Perlindungan Anak

by

in
Perempuan Pedagang Mikro Berperan Penting dalam Perlindungan Anak

Menteri Yohana Yembise menghadiri acara IWAPI (Foto: KPPPA)

Jakarta, Jurnas.com – Menyambut Hari Raya Idul Fitri di penghujung Ramadan ini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise menghadiri acara berbagi kasih bersama anak-anak yatim, kaum duafa dan perempuan pedagang kecil (Mikro) yang digelar IWAPI.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan pada pagi ini sebagai bentuk rasa sayang dan cinta kepada anak-anak kita dan para perempuan yang sudah dan masih terus berjuang serta berkontribusi baik bagi keluarga maupun masyarakat di sekitarnya,” ungkap Yohana.



Yohana menjelaskan, para perempuan pedagang dan pengusaha mikro kecil merupakan sosok kuat dan tidak mudah goyah terhadap guncangan-guncangan seperti krisis ekonomi yang rentan terjadi. Selain berkontribusi secara ekonomi bagi keluarga, mereka juga berkontribusi dalam perlindungan anak.

“Kedekatan perempuan dan anak-anaknya dalam pola pengasuhan merupakan bagian penting dalam upaya perlindungan anak. Mereka umumnya bekerja tidak jauh dari rumah dan masih mampu menjaga serta melindungi anak-anaknya,” tambah Yohana.

Baca juga :

Berdasarkan hasil survei pengalaman hidup anak dan remaja 2018, 3 dari 5 anak perempuan dan 1 dari 2 anak laki-laki mengalami kekerasan emosional. Sementara 1 dari 3 anak-laki-laki dan 1 dari 5 anak perempuan pernah mengalami kekerasan fisik. Mirisnya, pelaku kekerasan banyak dilakukan oleh temannya sendiri.

Fakta ini menunjukkan bahwa anak sangat rentan mengalami tindak kekerasan baik emosional, fisik dan seksual. Salah satu penyebabnya yaitu gagal memberikan pengasuhan yang baik bagi anak. Oleh karena itu memberikan perlindungan anak serta memenuhi hak-hak tumbuh kembang secara optimal merupakan tugas dan kewajiban kita bersama baik keluarga, lembaga masyarakat, masyarakat dan pemerintah.

Untuk itu, peran perempuan pengusaha maupun pedagang kecil harus kita dukung dan dampingi bersama agar usaha mereka bisa terus berkembang sekaligus juga melindungi anak-anaknya.

“Saya rasa IWAPI sebagai organisasi yang menjadi wadah bagi para pengusaha di Indonesia, bisa berperan bersama pemerintah untuk membantu para pengusaha atau pedagang perempuan mikro ini dengan mendorong kemajuan dan kemandirian perempuan di Indonesia,” tegas Yohana.

Ketua Umum IWAPI, Nita Yoedi mengungkapkan bahwa melalui acara Berbagi Kasih yang telah berjalan selama 13 tahun ini, Ia mengajak para perempuan pengusaha untuk selalu memberi kepada sesama yang membutuhkan, dari setiap keuntungan (profit) yang didapatkan.

“Berapapun yang kita terima, harus segera kita berikan kepada yang membutuhkan. Hal ini demi kemajuan bangsa, karena kita dapat ikut memberikan makanan bergizi serta pendidikan tinggi kepada anak berpotensi yang merupakan generasi penerus bangsa,” ujar Nita.

TAGS : Pedagang Perempuan Perlindungan Anak

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/53390/Perempuan-Pedagang-Mikro-Berperan-Penting-dalam-Perlindungan-Anak/