Perjalanan Pak Ogah Saat Berjuang Melawan Sakit yang Dideritanya

JawaPos.com – Abdul Hamid atau akrab dengan panggilan Pak Ogah dalam series Unyil dan Laptop Si Unyil, meninggal dunia malam ini Rabu (28/12), setelah cukup lama berjuang melawan sakit. Beberapa tahun belakangan,dia diketahui tidak bisa lagi bekerja akibat jatuh sakit.

Di awal tahun 2021 lalu, Pak Ogah sempat dilarikan ke rumah sakit. Keluarga dari pria yang meninggal di usia 75 tahun sempat kebingungan dengan permasalahan biaya. Untungnya sejumlah teman-teman artis turun tangan membantu biaya pengobatan di rumah sakit akibat penyumbatan pembuluh darah pada bagian otak.

Sebelum dinyatakan mengalami penyumbatan pembuluh darah pada bagian otak, Pak Ogah sempat menderita darah tinggi dan maag. Akibat dua penyakit tersebut, ia juga sempat bolak balik ke rumah sakit.

Di penghujung tahun 2021 lalu, Pak Ogah kehilangan semangat hidup. Sang istri kala itu menyebut kondisi Pak Ogah hidupnya seperti tidak tenang semacam dihantui oleh perasaan takut. Tiap kali diajak berobat ke rumah sakit, dia selalu menolak.

“‘Dari pada ke rumah sakit, mending aku mati’. Katanya gitu. ‘Kalau nggak mati ya sudah sini kasih duit kasih makan yang enak’,” kata Yuyun menirukan perkataan Pak Ogah.

Awak media pada penghujung tahun 2021 lalu sempat datang ke rumah Pak Ogah untuk melihat kondisinya.Pak Ogah saat itu sudah tidak bisa berkomunikasi dengan lancar.

Pada Oktober 2022 lalu, Pak Ogah mengalami stroke kedua dan sempat menjalani perawatan di rumah sakit selama 11 hari. Pak Ogah tidak bisa makan sendiri atau harus disuapin.

“Nafsu makan sudah mau makan sedikit-sedikit,tapi harus disuapin,” kata Yuyun dalam kesempatan itu.

Hari ini Rabu (28/12), Pak Ogah dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 19.30 WIB. Jenazahnya berada di rumah yang terletak Jl.Murai Blok C 12 / No.6 RT 007 RW 011.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Abdul Rahman


Credit: Source link