Perkuat Parlemen, DPR RI Temui Anggota Kongres Senior Amerika

by

in
Perkuat Parlemen, DPR RI Temui Anggota Kongres Senior Amerika

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah memimpin delegasi parlemen Indonesia melakukan pertemuan dengan anggota parlemen dari Partai Demokrat Amerika (Foto: Humas DPR)

Amerika – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah memimpin delegasi parlemen Indonesia melakukan pertemuan dengan anggota parlemen dari Partai Demokrat dapil Carolina Utara 4, David Price di kompleks Capitol Hill, Washington DC.

Price sendiri adalah salah seorang politisi senior Amerika anggota House Appropriations Commitee (Komisi Persetujuan Anggaran). Perbincangan antara delegasi DPR RI dengan anggota kongres sejak 1987 itu, berlangsung mendalam dan luas karena terkait penguatan fungsi parlemen dalam hal budgeting dan pengawasan.

Usai pertemuan, Fahri Hamzah kepada wartawan menuturkan bahwa dalam hal anggaran dan pengawasan, di Amerika Serikat sudah jelas  kongres itu adalah daulat rakyat, sehingga dia (parlemen) betul-betul kuat.

“Jika melihat trasdisi di AS ini, kuat sekali karena rakyatnya betul-betul mengandalkan parlemennya untuk mengawasi pemerintahan dan keributan di parlemen adalah indikasi mereka bekerja. Beda dengan di Indonesia, kalau DPR ribut, publik sering bilang jangan diganggu pemerintah, itu yang salah,” paparnya.

Menurutnya, harus dibalikan dimasa yang akan akan datang. Jika di Amerika, uang itu punya rakyat karena yang pegang DPR-nya dan bilamana pemerintah memerlukan anggaran, maka mereka datang ke parlemennya minta.

“Minta sekian, dikasih sekian, dan parlemennya berhak mempertanyakan kegunaan anggaran yang diminta pemerintah nya itu,” jelas politisi dari PKS itu.

Kalau parlemen merasa pemerintah tidak bisa mempertanggungjawabkan anggaran yang diterimanya, tambah Fahri, maka tidak akan dikasih sehingga tutup pemerintahnya atau  government shutdown.

“Kalau di Indonesia anggaran pemerintah ditolak, kan berlaku anggaran tahun sebelumnya. Ini lah bedanya. Tapi ke depan kita ingin membangun parlemen yang betul-betul independen,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya ke parlemen AS, Fahri Hamzai didampingi sejumlah anggota DPR antara lain, Muhammad Misbakhun dan Ibnu Munzir (F-PG), Arsul Sani (F-PPP), Mulfahri Harahap (F-PAN), Mahfud Siddik (-PKS), Abidin Fikri  (F-PDiP), dan Ahmad Sharoni (F-NasDem).

TAGS : Warta DPR Pimpinan DPR Fahri Hamzah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24196/Perkuat-Parlemen-DPR-RI-Temui-Anggota-Kongres-Senior-Amerika/