Perkuat SDM, Marga Simbolon Dapat Apresiasi PDIP

by

in
Perkuat SDM, Marga Simbolon Dapat Apresiasi PDIP

Hasto Kristiyanto, bersama Effendi Simbolon dalam Rakernas Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia di Batam

Batam, Jurnas.com – Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) sebagai paguyuban marga Batak Simbolon menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (12/12/2019).

Acara istimewa itu mengundang Sekjen DPP PDI Perjuanga Hasto Kristiyanto untuk memberi sambutan.

Hasto pun mengisi sambutannya dengan berpantun, sebagai rasa hormat kepada paguyuban yang terus eksis mengedepankan nilai-nilai budaya dan kekerabatan.

“Rupanya konsentrasi rekan-rekan Batak ini selain dari Sumut juga dari Riau. Jadi saya bacakan pantun. Datang ke Batam menghadiri Rakernas keluarga Simbolon, hati saya pun rasanya plong. Salam hormat bagi Ketum Doktor Effendi Sakti Simbolon, kepemimpinanmu bikin kita terbengong-bengong,” kata Hasto di Harmoni One Hotel dan Convention Centre, Batam, Kamis (12/12/2019) malam.

Dia menggunakan pantun lagi untuk memuji cita-cita yang ingin dibangun oleh. “Rakernas PSBI visioner dan membumi. Bangun persatu paduan keluarga Simbolon penuh kompetensi diri. PSBI patriot sejati, dari Samosir menyebar ke seluruh negeri,” tutur Hasto yang disambut meriah ribuan peserta.

Menurut Hasto, apa yang dilakukan PSBI untuk mendukung kebijakan Jokowi agar manusia yang handal tercipta melalui payuguban tersebut. Terlebih, semua berangkat dari nilai-nilai kebudayaan.

“Dan ini luar biasa. Kalau saya lihat, boleh jadi orang Batak pendidikannya S3, profesor, dari luar negeri, tapi selalu memiliki akar kebudayaan yang kuat. Tidak pernah melupakan kebudayaannya. Hubungan kerabatannya sungguh luar biasa,” ungkap Hasto.

“Ini bisa menjadi inspirasi. Karena ketika kita mengorganisir diri dengan visi yang jelas, yang tadi disampaikan kaitannya untuk mendukung kebijakan Pak Jokowi, agar manusia-manusia yang handal tercipta melalui PSBI,” lanjut dia.

Sementara itu, Ketua Umum PSBI Effendi Simbolon mengatakan, sejak 15 tahun ini kegiatannya fokusnya memang meningkatkan sumber daya manusia.

“Dengan kita memberikan pelatihan-pelatihan. Menyalurkan untuk ikut training di corporate, kerja sama dengan pemerintah,” jelas Effendi.

Pria yang merupakan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP ini menegaskan, paguyuban yang jumlahnya 200 ribu jiwa yang tercatat, juga sudah memikirkan bagaimana menghadapi tantangan ke depan.

“Jadi kita sekarang lebih fokus ke kaum milenial, kaum muda. Baik dalam pendidikan, lebih virtual, aplikasi dengan kita tetap tidak mengesampingkan masalah kekerabatan dengan seni dan budaya. Karena itu menjadi tonggak dari paguyuban ini,” kata Effendi.

Dia menuturkan, meski paguyubannya berdasarkan budaya dan kekerabatan, bukan berarti tak melihat tantangan ke depan.

“Kita juga punya kegiatan yang bersifat IT. Dan berbagai tempat termasuk di Batam ini kita sudah berkualitas anak mudanya. Dan kita selaras dengan program Pak Jokowi. Jadi nyambung,” pungkas Effendi Simbolon.


TAGS : Simbolon Rakernas Hasto Kristiyanto

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/63910/Perkuat-SDM-Marga-Simbolon-Dapat-Apresiasi-PDIP/