Perpanjang PPKM, Pemerintah Tanggung Pajak Tenant Mal 2 Bulan

by

in

JawaPos.com – Pemerintah resmi melakukan perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Adapun perpanjangan dilakukan hingga 2 Agustus dan secara langsung diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan adanya perpanjangan kebijakan ini, tentunya pemerintah pun akan tetap melanjutkan program jaring pengaman sosial. Di mana pemeritnah sadar bahwa masyarakat membutuhkan bantuan dari pemerintah untuk bertahan di masa pandemi ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pun mengungkapkan salah satu program bantuannya, yakni untuk sektor pusat perbelanjaan. Tenant akan mendapatkan diskon sewa toko di pusat perbelanjaan dan mal yang berupa pajak pertambahan nilai yang ditanggung pemerintah (PPN DTP) selama 2 bulan.

“Akan diberikan bantuan juga kepada dunia usaha yaitu untuk sewa toko, perbelanjaan atau mal. Ini akan diberikan insentif fiskal yaitu PPN DTP untuk masa pajak Juni sampai Agustus 2021,” ujar dia dalam telekonferensi pers Evaluasi dan Penerapan PPKM, Minggu (25/7) malam.

Dia juga memberitahukan bahwa bantuan ini juga tengah disiapkan untuk sektor lainnya yang terdampak. Seperti sektor transportasi dan pariwisata yang saat ini tengah dalam tahapan finalisasi. “Diberikan juga beberapa sektor lain terdampak termasuk transportasi dan pariwisata,” tambahnya.

Terdapat juga bantuan abonemen rekening minimum dari Oktober hingga Desember 2021 serta diskon tarif listrik. Lalu, untuk keringanan para pekerja disiapkan dana Rp 10 triliun yang terdiri dari Rp 8,8 triliun untuk bantuan subsidi upah dan Rp 1,2 triliun Kartu Prakerja.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking


Credit: Source link