Pertamina buka Pertashop pertama untuk Sultra hadiah Kemendagri

Pertamina buka Pertashop pertama untuk Sultra hadiah Kemendagri
Jakarta (ANTARA) – PT Pertamina (Persero) membuka Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mini atau Pertashop perdana di Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam upaya menyediakan BBM di daerah yang belum terjangkau SPBU dan merealisasikan hadiah Kemendagri untuk daerah tersebut.

Safrudin (49), warga Kelurahan Horodopi, Kecematan Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur mengaku haru dan bahagia saat sepeda motor yang dikendarainya mendapatkan pengisian perdana BBM berkualitas di Pertashop yang baru beroperasi itu.

Baca juga: Wujudkan BBM satu harga, BPH Migas dorong penambahan Pertashop

Pertashop tersebut merupakan yang pertama di Sulawesi Tenggara sebagai penghargaan atas gelar desa berprestasi dari Kemendagri, dan melengkapi kehadiran 44 Pertashop lainnya di Sulawesi. Operasional perdana Pertashop itu dihadiri oleh Sales Branch Manager VII Pertamina Agung Wijaya Wicaksono dan Camat Mowewe, Horodopi Marwan.

Di tempat terpisah, Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali menjelaskan bahwa Pertashop yang dihadirkan di Kelurahan Horodopi ini berkapasitas 3 kilo liter (KL) yang pasokannya diambil dari Fuel Terminal (FT) Kolaka menggunakan mobil tangki 16 KL sehingga tidak perlu diragukan lagi keandalan pasokan dan kualitasnya.

“Selain Pertamax, di sana juga menyediakan produk lain seperti Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg serta pelumas berkualitas dari Pertamina,” jelas Laode, dalam pernyataan pers, dikutip Rabu.

BBM yang sudah menjadi barang penting bagi masyarakat kini hadir lebih dekat dengan harga setara dengan SPBU terdekat. Camat Mowewe Marwan mengaku bersyukur Kelurahan Horodopi ditetapkan sebagai desa berprestasi oleh Kemendagri dan tidak menyangka mendapatkan hadiah berupa Pertashop yang membantu perekonomian masyarakat di sekitar.

“Dulu kalau beli BBM di daerah ini berkisar antara 10.000 rupiah di pengecer untuk Premium, sekarang masyarakat bisa menikmati Pertamax seharga 9.200 setara dengan SPBU terdekat. Ini tentu penting untuk membantu menurunkan harga-harga bahan pokok lainnya, karena biaya distribusi menjadi lebih murah,” kata Marwan.

Kehadiran Pertashop ini sangat dinanti oleh masyarakat, mengingat jarak Kelurahan Horodopi ke Stasiun SPBU terdekat sekitar 20 km.

Selain program kerja sama dengan Kemendagri, Pertamina membuka kesempatan bekerja sama bagi seluruh pihak yang memenuhi persyaratan untuk dapat membantu meningkatkan perekonomian desanya melalui Pertashop.

Baca juga: Dukung ekonomi desa, Pertamina dirikan Pertashop di Danau Aur

Baca juga: Pertamina hadirkan 106 Pertashop di Jateng dan DIY

Baca juga: Pertamina buka enam Pertashop jangkau masyarakat desa

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021

Credit: Source link

Related Articles