Pilgub Bengkulu 2020 Mengerucut pada Dua Kandidat Kuat

by

in
Pilgub Bengkulu 2020 Mengerucut pada Dua Kandidat Kuat

Survei Pilgub Bengkulu 2020

Jakarta, Jurnas.com – Atmosfer politik di Bengkulu mulai hangat menyongsong pemilihan gubernur (Pilgub) yang akan dihelat 2020.

Untuk melihat gambaran perilaku politik dan opini masyarakat Bengkulu, Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) menggelar survei pada 20-27 Juli 2019.

Dari sekian banyak aspek yang ditanyakan ke responden tingkat keterpilihan atau elektabilitas dan popularitas yang paling dinantikan banyak pihak, terkhusus para kandidat.

Peneliti LSPI Chaerul Sholeh menyebutkan penjaringan nama-nama kandidat dari penyataan langsung para bakal calon, atribut promosi luar ruangan, serta perbincangan publik. Total terdapat 33 nama yang ditanyakan ke responden berkaitan dengan elektabiltas, popularitas, dan likebilitas.

“Gambaran umumnya, terdapat dua nama kuat yang muncul berdasarkan top mind hasil survei. Pertama Rohidin Mersyah, Gubernur Bengkulu petahana dengan tingkat elektabilitas 16.3 persen. Kedua Agusrin Najamuddin dengan tingkat popularitas 12.1 persen. Elektabilitas nama-nama lain berkisar antara satu sampai empat persen,” sebutnya pada wartawan Jum’at (2/8) di Bengkulu.

Sedangkan untuk popularitas, Agusrin Najamuddin paling tinggi nilainya yakni sebesar 81 persen. Lalu Rohidin Mersyah dengan 72.20 persen, diikuti Ridwan Mukti 67.90 persen, Ahmad Kanedi 67.50 persen, Helmi Hasan 66.80 persen. “Dari elektabilitas dan popularitas hasil survei menunjukan terdapat dua kandidat kuat yang sudah memiliki modal awal di masyarakat Bengkulu Rohidin Mersyah dan Agusrin Najamuddin” ujarn Chaerul.

Ia menambahkan, semua kandidat cukup punya peluang untuk maju. Arena masih lebar dan terbuka mengingat belum ada tingkat elektabilitas dan popularitas mencapai 50 persen. Namun dilihat dari presentase sebagai petahana elektabilitas Rohidin Mersyah masih jauh, bahkan popularitas lebih kecil dibanding Agusrin. Kemungkinan dua nama ini yang akan bersaing ketat kedepan. Itu jika Agusrin mau maju kembali dalam kontestasi,” pungkasnya.



TAGS : Pilgub Bengkulu 2020 dua kandidat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/56937/Pilgub-Bengkulu-2020-Mengerucut-pada-Dua-Kandidat-Kuat/