PM Jepang: Upaya Menekan Korut Belum Berhasil

by

in
PM Jepang: Upaya Menekan Korut Belum Berhasil

PM Jepang Shinzo Abe

Tokyo – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Senin (31/7). Kedunya pemimpin tersebut menyetujui perlunya tindakan lebih keras untuk membatasi pengembangan rudal dan balistik Korea Utara.

Pertemuan itu berlangsung setelah Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Nikki Haley mendesak, China untuk memutuskan kesediannya menjatuhkan sanksi UN yang kuat terhadap Korut pasca uji coba rudal antarbenua (ICBM) keduanya pada Jumat (29/7) malam, dilansir Reuters pada Senin (32/7)

“Setiap resolusi Dewan Keamanan UN yang tidak secara signifikan mampu memberi tekanan internasional terhadap Korut sama sekali tidak ada nilainya. Jepang, juga Korsel perlu berbuat lebih banyak untuk menekan rezim Korut,” jelas Haley

Kepada wartawan, Abe mengatakan, setelah bertemu dengan Trump, upaya berulang-ulang masyarakat internasional menemukan solusi damai dengan Korut belum menghasilkan buah dalam menghadapi eskalasi sepihak Pyongyang.

“Masyarakat internasional, termasuk Rusia dan China, perlu menanggapi ini dengan serius dan terus meningkatkan tekananannya,” tegas Abe.

 Jepang dan Amerika Serikat, kata Abe akan mengambil langkah menuju tindakan nyata meski belum  memberikan rincian.

Pertemuan kedua pemimpin, Abe dan Trump tidak menyinggun tindakan militer untuk melawan Korut, kata juru bicara Kabinet Kabinet Koichi Hagiuda kepada wartawan.

TAGS : Jepang Korea Utara Rusia Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/19519/PM-Jepang-Upaya-Menekan-Korut-Belum-Berhasil-/