Politikus Golkar Nawafie Akui Kenal Baik Eni dan Idrus

by

in
Politikus Golkar Nawafie Akui Kenal Baik Eni dan Idrus

Politikus Partai Golkar, Nawafie Saleh

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksan terhadap anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar, Nawafie Saleh terkait kasus suap proyek PLTU Riau-1.

Usai menjalani pemeriksaan, Nawafie mengaku ditanya penyidik sebagai saksi untuk dua tersangka, yakni mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham.



“Sebagai saksi Ibu Eni dan pak Idrus Marham. Saya kenal beliau kenal baik dua-duanya,” kata Nawafie, usai menjalani pemeriksaan, di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/9).

Meski mengetahui proyek PLTU Riau yang sekarang sedang bermasalah, Nawafie mengatakan, tidak pernah membahas soal proyek tersebut dengan Eni maupun Idrus.

Baca juga :

“Iya tahu (proyek PLTU Riau), tapi kan kita bukan kaitan seperti beliau,” terangnya.

Nawafie merupakan anggota Pergantian Antar Waktu (PAW) Airlangga Hartarto di DPR. Nawafie dan Airlangga dari daerah pemilihan Jawa Barat V. Dia dilantik menggantikan Airlangga yang masuk dalam kabinet Jokowi, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (23/2).

Diketahui, d‎alam kasus dugaan korupsi PLTU Riau-1 ini, KPK telah menjerat 3 orang sebagai tersangka. Mereka antara lain, Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar Eni Maulani Saragih, pemegang saham Blackgold Natural Recourses Limited Johannes B Kotjo, dan mantan Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham.

Eni dan Idrus diduga menerima suap sebesar Rp6,25 miliar dari Kotjo secara bertahap. Eni mengaku sebagian dari Rp 2 miliar yang ia terima digunakan keperluan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar tahun 2017.

Belakangan Eni telah mengembalikan uang sejumlah Rp 500 juta. Adapun pengurus Golkar juga mengembalikan uang sejumlah Rp700 juta kepada lembaga antikorupsi. Namun KPK belum bisa merilis terang sosok elit Golkar yang mengembalikan uang Rp 700 juta tersebut.

KPK pun sudah memeriksa sejumlah saksi dari Golkar dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1. Mereka yakni mantan Ketua DPR RI dan Ketua Umum Golkar, Setya Novanto dan Ketua Fraksi Golkar, Melchias Marcus Mekeng.‎

TAGS : KPK Suap PLTU Riau Golkar Idrus Marham

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/41283/Politikus-Golkar-Nawafie-Akui-Kenal-Baik-Eni-dan-Idrus/