Politis PKS Anggap Pernyataan Rektor ITK Bernuansa Rasialisme

by

in

JawaPos.com – Anggota Komisi XI DPR Ecky Awal Mucharam menegaskan bahwa semua beasiswa dari dana Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bersumber dari uang rakyat.

Proses seleksi berdasarkan kriteria tertentu yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Ecky mengecam Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Budi Santosa Purwokartiko yang melakukan ujaran yang bersifat SARA dan pelecehan secara verbal terkait proses seleksi Beasiswa. “Seluruh mahasiswa/i yang memenuhi sarat berhak mendapatkan bea siswa tersebut, termasuk yang memakai jilbab, kerudung atau tutup kepala,” ditegaskan oleh Ecky Awal Mucharam pada Sabtu, 30 April 2022

Anggota FPKS itu menambahkan, pernyataan Budi Santosa Purwokartiko di laman sosial media (sosmed) bersangkutan yang bernada rasis dan sangat menyakitkan umat Islam yang menjungjung tinggi nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan dan persatuan Indonesia.

“Tidak selayaknya dan tidak ada tempat bagi orang yang punya pemikiran rasisme ikut terlibat dalam seleksi dan penetapan pemberian beasiswa yang didanai LPDP” tegas Ecky.

Ecky menjelaskan triliunan dana beasiswa yang dikelola LPDP harus digunakan dalam rangka mencerdaskan rakyat indonesia. Maka harus ada afirmasi kepada mahasiswa atau mahasiswi  daerah dan kurang mampu. Bukan semata-semata bagi mereka yang pandai bahasa asing saja.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Khafidul Ulum


Credit: Source link