Pramuka Tumbuhkan Gerakan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional

by

in

JawaPos.com – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka memeringati Hari Sumpah Pemuda dengan menggelar apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19. Dalam apel yang digelar di Lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur (28/10) ini, Kwarnas Pramuka berkomitmen menumbuhkan gerakan kedisiplinan nasional dan gerakan kepedulian nasional.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso mengatakan dalam upacara Hari Pramuka ke-59 beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingat beberapa hal. Selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional, Jokowi telah mengingatkan agar Gerakan Pramuka menumbuhkan dua gerakan penting. “Yaitu Gerakan Kedisiplinan Nasional dan Gerakan Kepedulian Nasional,” kata Budi Waseso.

Menurutnya gerakan Pramuka diharapkan dapat menjadi suri tauladan perilaku disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada. “Melalui Gerakan Kepedulian Nasional, para Pramuka diharapkan terus dapat peduli untuk membantu sesama warga masyarakat yang mengalami kesulitan di tengah pandemi Covid-19 ini,” tambah Budi.

Yang tak kalah penting, lanjut Budi Waseso, adalah upaya bagaimana kita meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi masa pancaroba dalam waktu dekat. Karena seperti diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga Maret 2021, akan ada fenomena alam La Nina.

Sejak pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia pada awal Maret 2020 hingga saat ini, relawan Pramuka Peduli telah ikut serta secara aktif dalam membantu pemerintah dan masyarakat melalui berbagai bentuk aktivitas di bidang kesehatan. Selain itu juga di bidang logistik pangan, serta psikososial. Satuan Tugas Pramuka Peduli

Penanggulangan Covid-19 yang dipimpin Bachtiar hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 4.500 orang relawan yang secara aktif melakukan penanggulangan Covid-19. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah. Sebab jumlah anggota Gerakan Pramuka hingga saat ini berjumlah lebih dari 20 juta orang.

Mengingat kondisi pandemi yang masih terus berlangsung dan belum bisa dipastikan waktu berakhirnya, Gerakan Pramuka akan terus mendukung keterlibatan dan peran serta para relawan. Salah satu yang terdekat adalah program vaksinasi Covid-19 yang harus dikawal dengan baik agar dapat berjalan sesuai prosedur sehingga masyarakat yakin bahwa vaksin yang akan diberikan sudah sesuai dengan aturan.

Kegiatan apel di Cibubur itumelibatkan 300 orang relawan Pramuka Peduli se-Jabodetabek. Dalam penyelenggaraannya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta wajib melaksanakan rapid test, mengenakan masker, face shield, dan dibekali hand sanitizer.

Di lokasi acara juga disediakan puluhan keran air bersih dan wastafel portable, serta tersedia pula disinfectant chamber. Sementara jarak antar personel dalam barisan minimal 2 meter dan dilarang keras berkerumun saat sebelum dimulainya maupun sesudah acara.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Hilmi Setiawan


Credit: Source link