Presiden Berharap TVRI Papua Barat Jadi Sumber Informasi Masyarakat

by

in

JawaPos.com–Presiden Joko Widodo meresmikan Stasiun TVRI Papua Barat sebagai stasiun TVRI ke-30 yang diharapkan mampu melayani dan menyediakan informasi berkualitas bagi masyarakat. Peresmian Stasiun TVRI Papua Barat dilakukan melalui daring, Rabu (28/10).

Presiden mengatakan, salah satu sarana untuk mengetahui wajah Indonesia dan berbagai perkembangan di dunia adalah melalui televisi. Dengan televisi masyarakat bisa mengetahui wajah Indonesia serta seluruh perkembangan pembangunan di daerah. Presiden juga berpesan agar Stasiun TVRI Papua Barat mampu sekaligus menjalankan perannya sebagai media pemersatu bangsa.

”Kita memiliki TVRI, Televisi Republik Indonesia. Melalui TVRI apa yang terjadi di Papua bisa diikuti di Sumatera, Jawa, dan sebagainya. Sebaliknya apa yang terjadi di berbagai wilayah tanah air juga bisa diketahui saudara-saudara kita di Papua. Sehingga masyarakat Papua mendapatkan akses informasi yang sama dengan masyarakat di wilayah Indonesia lainnya,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi berharap dengan semangat Sumpah Pemuda, TVRI bisa menjadi sarana pemerataan akses informasi bagi masyarakat Papua Barat, dengan menyediakan berbagai informasi yang berkualitas. Sehingga masyarakat Papua Barat memperoleh informasi yang sama dengan masyarakat di daerah lain. Presiden juga mengajak seluruh pemuda menyingkirkan perbedaan. Untuk mewujudkan Indonesia maju, pemuda Nusantara harus bersatu dan bekerja sama.
Sementara itu, pada saat yang bersamaan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan meresmikan gedung TVRI di Arfai, Manokwari, tersebut.
Gubernur Papua Barat menyatakan, pemerintah daerah menyambut baik serta mendukung kehadiran TVRI. Dukungan itu telah diwujudkan dengan pemberian hibah berupa peralihan aset lahan dan bangunan kepada TVRI.

Dominggus juga bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah pusat atas perhatian yang cukup besar kepada Papua Barat selama ini. ”Selama 21 tahun Papua Barat berdiri, banyak kemajuan yang terjadi di berbagai bidang, di antaranya terbukanya akses transportasi darat, laut dan udara,” kata Gubernur Dominggus.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara


Credit: Source link