Presiden Putin Dukung Penggunaan Nuklir Lawan Serangan Konvensional

by

in
Presiden Putin Dukung Penggunaan Nuklir Lawan Serangan Konvensional

Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Epa / Dmitri Lovetsky / Pool)

Moskow, Jurnas.com – Presiden Rusia, Vladimir Putin mengesahkan dokumen strategi yang menguraikan kebijakan pencegahan nuklir negara itu, di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat (AS) mengenai perjanjian pengendalian senjata nuklir.

Kantor berita RIA melaporkan, dokumen tersebut memungkinkan Moskow menggunakan senjata nuklir sebagai tanggapan atas serangan konvensional yang menargetkan infrastruktur penting pemerintah dan militer negara itu.

Dokumen baru itu tampaknya mengirim sinyal peringatan ke Gedung Putih dengan memasukkan serangan non-nuklir sebagai pemicu yang mungkin untuk pembalasan nuklir Rusia.

Ini juga mencerminkan kekhawatiran Moskow terhadap pengembangan calon senjata AS, termasuk yang berbasis luar angkasa, memberi label penciptaan dan penyebaran anti-rudal dan serang senjata di luar angkasa sebagai salah satu ancaman militer utama ke Rusia.

Dokumen tersebut menawarkan deskripsi terperinci tentang situasi yang dapat memicu penggunaan senjata nuklir, termasuk serangan yang mengancam keberadaan Rusia.

Baca juga.. :

Dokumen itu menyatakan bahwa Rusia bisa menggunakan persenjataan nuklirnya jika mendapat “informasi yang dapat dipercaya” tentang peluncuran rudal balistik yang menargetkan wilayahnya atau sekutunya.

Washington secara sepihak menarik keluar dari satu perjanjian senjata nuklir dengan Rusia – Perjanjian Pasukan Nuklir Jangka Menengah (INF) – dan sedang menggoda dengan gagasan untuk tidak memperbarui yang lain.

Presiden Putin sebelumnya memperingatkan bahwa perlombaan senjata lagi tidak akan terhindarkan jika Washington tidak memperbarui Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis Baru (START).

Perjanjian START Baru adalah perjanjian kontrol senjata nuklir besar terakhir antara Moskow dan Washington yang membatasi pengembangan dan penyebaran hulu ledak nuklir strategis kedua negara.

Di bawah START Baru, yang ditandatangani pada April 2010, AS dan Rusia sepakat untuk mengurangi separuh jumlah rudal nuklir strategis mereka dan membatasi jumlah hulu ledak nuklir strategis yang dikerahkan menjadi 1.550.

Rusia juga telah berulang kali menyuarakan keprihatinan tentang pemasangan rudal Patriot AS dan penempatan pasukan darat Amerika di negara-negara Baltik, serta latihan NATO di dekat perbatasan negara itu.

Penumpukan pasukan konvensional di dekat perbatasan Rusia dan penyebaran aset pertahanan rudal adalah di antara ancaman yang diidentifikasi dalam dokumen baru. (Press TV)

TAGS : Amerika Serikat Donald Trump Rusia Vladimir Putin Penggunaan Nuklir

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/73238/Presiden-Putin-Dukung-Penggunaan-Nuklir-Lawan-Serangan-Konvensional/